dampak game online terhadap perilaku sehari-hari

Posted on December 22, 2010

0


sebagai orang tua tentu kuatir dengan perkembangan anaknya andaikata suatu aktivitas melebihi aktivitas lain yang dianggapnya masih membingungkan.

Jedi Mind Tricks: Pengaruh Permainan Online pada Perilaku Dunia Nyata

December 10, 2010 | 4:13:41 am

“Bukan siapa aku di bawahnya, tapi apa yang aku lakukanlah yang mendefinisikanku.”

- Bruce Wayne (Batman Begins, 2005)

Meskipun game online secara umum telah disebut-sebut sebagai bentuk gangguan terhadap pekerjaan dan dianggap tidak memiliki nilai yang nyata, studi terbaru telah berhasil menunjukkan sebaliknya.

Para peneliti telah menemukan bahwa jumlah waktu yang dihabiskan pemain di game online bisa menjadi faktor utama yang mempengaruhi motivasi mereka dalam hubungan kerjasama dan prestasi. Hal ini sebagian disebabkan karena perancang game semakin membuat game yang lebih terbuka. Hal ini juga disebabkan karena pemain semakin terlibat dalam permainan sedemikian rupa sehingga muncul keyakinan bahwa mereka adalah karakter game tersebut, aktif membuat pilihan setiap hari yang memiliki efek besar pada pembangunan karakter mereka sendiri.

Making A ChoiceMembuat sebuah keputusan antara apa yang benar dan apa yang salah kadang-kadang merepotkan.

Inilah sebabnya mengapa game online memiliki pengaruh lebih banyak terhadap perilaku seseorang dibandingkan dengan kegiatan seperti menonton TV atau membaca. Kegiatan seperti membaca atau menonton TV diklasifikasikan sebagai kegiatan pasif: Itulah sebabnya dikatakan bahwa orang tidak dapat membuat keputusan untuk mempengaruhi suatu hasil dari kegiatan tersebut. Keterlibatan aktif dalam game memungkinkan pemain mengambil bagian yang menentukan bagaimana karakter mereka akan berakhir, dan karena kerjasama adalah faktor utama yang menentukan sejauh mana pemain terlibat dalam permainan, pemain lebih cenderung untuk bekerja sama, serta lebih memiliki kesadaran bersosial.

Mari kita uraikan, : Bayangkan kamu itu harus bermain dalam sebuah tim pada game peranan online yang melibatkan sejumlah besar pemain. Salah satu anggota timmu egois, selalu mengambil lebih dari bagiannya. Kamu mungkin tidak merasa senang tentang semuanya itu, dan bila orang ini khusus datang kepadmu di kemudian hari memintamu membentuk sebuah tim, kamu mungkin akan berpikir dua kali untuk menyetujuinya..

Dengan cara ini, mekanika game sosial sesuai dengan teori penguatan dari psikolog BF Skinner, yang berbicara tentang memperkuat pola-pola perilaku tertentu dengan memberi imbalan atas perilaku baik yang bermanfaat dan menghukum perilaku buruk. Pemain, seiring berjalanannya permainan, secara perlahan dikondisikan untuk berperilaku lebih baik secara sosial.

Profesor Jane McGonigal dari Institute for the Future berpendapat bahwa pemain online semua mencari “kemenangan epik” – sebuah pencarian besar yang tak tertandingi yang dapat mengubah status quo. Dia mengakui bahwa tidak seperti dalam game, kasus tersebut jarang terjadi di dunia nyata, yaitu imbalan atas tindakan yang berbudi luhur tidak selalu terjadi berbarengan, dan kelakuan buruk tidak selalu mendapat balasannya. Yang menarik adalah, dia telah menemukan bahwa pemain cenderung sangat optimis dan sangat kooperatif ketika menghadapi pemecahkan tugas-tugas monumental. Ini berarti bahwa mereka benar-benar percaya bahwa dengan kualitas tersebut mereka dapat melakukan apa pun untuk sukses. Prof McGonigal berpendapat bahwa jika kita dapat menjembatani kesenjangan antara game dan kenyataan, optimisme dan kerja sama tim ini bisa dimanfaatkan untuk tujuan besar.

Dan dari semua keindahan tersebut bahwa pilihan dalam game yang dibuat oleh pemain akan secara aktif dibuat oleh orang-orang rasional yang mampu belajar dari pengalaman virtual mereka dan menerapkannya ke dalam kehidupan sehari-hari.

Meskipun kita masing-masing adalah individu, kita adalah bagian dari upaya kolektif untuk membuat sebuah dampak. Jadi buatlah pilihan yang baik, pembaca yang terkasih, karena pada akhirnya, apa yang kita lakukan yang benar-benar mendefinisikan kita.

Zhang Wenjie, Shaun

Shaun adalah staf penulis di MatchMove Games

Lantas dari sisi mana anda memandang, melihat kelebihan dan kelemahan game online bisa membuat kita lebih obyektif.

 

About these ads
Posted in: anak dan remaja