Gara-gara cabai naik, cari tahu asal-usul cabe

Posted on January 6, 2011

0


iya..belakangan ini kan harga cabe naek meroket, nah, banyak keluhan di sana sini makanya aku perlu tahu dikit tentang cabe. hehe…darimana berasal kok bikin banyak orang bingung?

 

Tahukah anda komoditas yang harganya sedang melambung ini bukan tanaman asli Indonesia? Berikut sejarah keberadaan cabai.

Sejarah cabai erat kaitannya dengan ditemukannya benua Amerika oleh Christopher Colombus pada 1492. Suku Indian yang pribumi benua tersebut, ternyata memanfaatkan cabai yang diperkirakan sejak tahun 5.000 SM.

Colombus pun membawanya pulang ke Eropa sebagai oleh-oleh. Ternyata, tanaman ini menjadi favorit dan perkembangannya begitu pesat. Dalam waktu 50 tahun, cabai sudah sampai ke pantai Afrika, India, Timur Tengah, Balkan, Asia dan China Selatan.

Hal ini berkat jasa para pedagang Portugis yang sangat aktif. Mereka mengembara ke seluruh penjuru dunia. Cabai pun hingga kini memegang rekor tercepat dalam penyebaran ke seluruh dunia.

Sejak dikenalkan, orang India mengembangkan tiga subspesies cabai dalam waktu setengah abad. Sementara suku Indian di Amerika hanya mampu mengembangkan empat subspesies selama 6.500 tahun mengenai cabai.

India kini menjadi produsen cabai dunia karena memproduksi lebih dari satu juta ton cabai setiap tahunnya. Pusatnya adalah Pantai Malabar di India yang telah beroperasi sejak dikenalkan cabai oleh Colombus.

 

 

About these ads
Posted in: berita 4