Teknik Mengatur Permalink Pada Blog WordPress

Posted on October 9, 2010

3


Bagaimana sih cara pengaturan permalink atau setting permalink yang baik pada blog wordpress yang mendukung teknik SEO ? Awal saya ngeblog, kata-kata permalink masih terasa janggal bahkan terkesan lucu. Tapi jangan salah, permalink merupakan salah satu unsur yang cukup penting dalam SEO. Permalink merupakan singkatan dari Permanen Link yang artinya, alamat link tetap untuk seriap postingan di blog kita. Itu lho yang tertera di address bar pada browser kita. Bila tidak dirubah, maka alamat permalink postingan kita di wordpress memilik struktur: http://alamatdomainkita/?p=angkaidpostingan . Bagi yang menggunakan blogspot mungkin ga usah pusing-pusing mengatur permalink, karena pengaturan permalinknya sudah diatur dari sononya oleh Mbah Google (pemilik blogspot atau blogger) dengan struktur permalink yang cukup bagus yaitu : http://alamatdomainkita/tahun/bulan/judul-postingan-kita.html.Nah tanpa mengecilkan para blogger pengguna blogspot (karena saya juga berawal dari blogspot lho.. :)), salah satu kelebihan wordpress adalah kita bisa mengatur permalink agar bisa tampil lebih indah dan baik pada sisi SEO.

Untuk mengatur permalink, silahkan login ke halaman admin di wordpress dan masuk pada menu Setting – Permalink. Disitu ada beberapa pilihan yang bisa kita gunakan seperti kita lihat pada gambar di bawah (klik aja tuk perbesar ) :

pengaturan permalink

Walah… ketahuan dech kalo screenshotnya saya ambil dari wordpress offline hehehehe. Kita ulik satu-persatu yach…. Jika memilih option no 1, maka struktur permalink akan tertulis secara default seperti yang saya sebutin di atas. Jika memilih nomor 2, struktur permalinknya akan menjadi :

http://namadomainkita/tahun/bulan/tanggal/judul-postingan/

Nah jika memilih option nomor 3, maka struktur permalink kita akan menjadi:

http://namadomainkita/tahun/bulan/judul-postingan/

sedangkan nomor 4 akan membuat struktur permalink menjadi :

http://namadomainkita/archieves/angka-nomor-id-postingan.

Belum puas dengan pilihan di atas ? Mari kita pilih nomor 5…… walah tapi kok kosong gitu kotaknya ? Namanya juga custom structure jadi sesuai dengan baju kostum yang kita pake… haaayaaahh ga lucu banget.:)

Nah pada option nomor 5 inilah kita bisa berimprovisasi, namun karena terlalu banyak improvisasi yang bisa kita buat maka saya ga akan terlalu berbagi banyak cerita, cukup dasar-dasarnya saja yang bisa dipakai sebagai referensi. Ada 2 variabel yang bisa kita gunakan dalam penentuan struktur permalink di wordpress yakni: nama kategori dengan simbol : %category% serta judul postingan dengan simbil %postname% .

Jadi jika pada kotak kita isikan dengan struktur : /%category%/%postname% , maka permalink pada domain kita akan berubah menjadi :

http://namadomainkita/kategoripostingan/judulpostingan

Jadi misalkan saya menulis postingan berjudul: Panda Memang Lucu yang saya taruh di kategori Curhatan maka permalink postingan tersebut memiliki alamat permalink:

http://www.zalukhu.com/curhatan/panda-memang-lucu

Jadi kita bisa memanfaatkan nama kategori dan judul untuk meraih posisi dalam hal SEO, jadi ga salah jika ada yang bilang pemberian nama kategori serta judul sangat mempengaruhi pada sisi SEO.

Sudah puas dengan permalink tersebut ? Pengen di belakang permalinknya ada kata html seperti pada blogspot? ya tambahkan saja di kotak nomor 5 strukturnya menjadi : /%category%/%postname%.html nah jika menggunakan struktur itu maka ntar alamat permalink postingan contoh saya yang di atas akan menjadi :

http://www.zalukhu.com/curhatan/panda-memang-lucu.html

Masih belum puas juga ? Kita juga bisa menggunakan permalink sebagai sarana nembak keyword, nah di sini agar permalink kita ga terlalu panjang maka saya hanya menyarankan memakai 1 atau 2 keyword walau sebenarnya lebih juga bisa. Dengan struktur sebagai berikut:

keyword1/%category%/%postname%.keyword2

Namun sebelum melangkah lebih lanjut maka untuk diketahui bahwa keyword yang saya maksud dalam hal ini adalah keyword global blog, jadi bukan keyword postingan. Nah misalkan jika blog kita mengangkat topik humor dengan keyword “komedi” dan “lucu” maka kita bisa menggunakan struktur permalink yang diisikan pada kotak nomor 5 di atas sebagai berikut:

/komedi/%category%/%postname%.lucu

sehingga permalink akan menjadi:

http://namadomainkita/komedi/kategoriposting/namapostingan.lucu

Tapi eiiitttt jangan buru-buru merubah permalink address dulu, karena dengan mengubah struktur permalink maka bisa jadi error. Mengapa ? karena postingan lama akan tetap memiliki struktur permalink yang lama, sehingga jika struktur permalinknya kita rubah maka postingan-postingan yang lama ga akan kebaca karena permalinknya beda. Karena itu saya ga menyarankan mengubah permalink untuk blog-blog yang sudah lama atau memiliki postingan yang banyak. Namun jika tetap ingin ngotot mau mengubah struktur permalink yang sudah ada maka sebaiknya menggunakan plugin khusus agar postingan-postingan lama diredirect . Plugin-plugin untuk menangani masalah tersebut sudah banyak tersedia seperti: Permalink Migration (bisa di download di sini) dan Permalink Redirect (bisa di download di sini ).

WARNING !!!

Untuk blog-blog baru saya menyarankan untuk melakukan perubahan struktur permalink seperti di atas, namun untuk blog-blog yang sudah lama saya ga terlalu menyarankan. Jadi jika ingin merubah juga maka sebaiknya mempelajari lebih mendalam dan membuat backup databasenya terlebih dahulu, karena saya ga mau tanggung jawab lho hehehehehe. Piiissss !!!!

 

Sumber:

http://www.zalukhu.com/blogging/seo/pengaturan-permalink-pada-blog-wordpress

 

Advertisements
Posted in: komputer