Teknik perbaiki tampilan WordPress yang blank atau Error

Posted on October 11, 2010

0


Apakah Anda saat ini sedang mengalami ini, tampilan homepage blog wordpress Anda tiba-tiba saja blank, berwarna putih semua. Kemudian Anda kebingungan harus ngapain, padahal Anda sama sekali belum memahami bagaimana cara memperbaiki tampilan tersebut.

Tenang-tenang, jangan panik. Jika Anda mengalami kejadian seperti itu, cobalah untuk mengecek kembali, apakah theme yang Anda upload filenya sudah lengkap semua? Apakah code themenya sudah benar semua? Apakah Anda me-“Rename” folder theme tersebut?

Ya, benar sekali. Blank pada wordpress sering terjadi akibat file dari theme yang Anda upload mengalami kerusakan. Dalam script wordpress ada perintah yang mengatakan, jika theme yang di upload mengalami kerusakan, maka secara otomatis wordpress akan menginstall theme “Default”. Nah, karena tidak semua web bisa leluasa terganti secara otomatis ke posisi theme “Default”, so.. tiba-tiba saja, vioo… la.. tampilan homepage Anda blank.

Lantas bagaimana cara memperbaikinya? Untuk memperbaiki, caranya sangat mudah, “Login” ke account wordpress Anda, kemudian menuju ke “Tema”. Terakhir install theme “Default”. Selesai.. begitu saja.

Selanjutnya, seandainya Anda masih “nge-Yel” pengen nge-gunain theme yang rusak tersebut, mungkin alasannya karena theme tersebut “kereen”. Coba Anda mengecek kembali, apakah ada salah satu code ataukah nama file yang tanpa sengaja Anda rubah di theme tersebut dan coba cek juga, sudah lengkapkah file tersebut saat Anda upload ke host manager? Jika saja Anda sangat yakin tidak merubah apapun dari theme tersebut, termasuk nama folder. Namun tiba-tiba setelah meng-upload dan mencoba menginstall kembali ternyata masih tetap sama dan mengalami BLANK. Maka, saya sarankan untuk mencari alternatif theme lain. Atau jika Anda seorang programmer, Anda bisa memperbaiki code-code yang salah di theme tersebut. Soalnya, emang dari sononya tuh theme yang Anda pilih rusak. Ikhlaskan saja…

Semoga bermanfaat 🙂