ahli mengemukakan bahwa Pelihara Anjing Kurangi Stres Anak Autis

Posted on October 23, 2010

0


Kompas.com – Salah satu manfaat kesehatan yang bisa dirasakan para pemilik hewan peliharaan adalah perasaan lebih rileks saat berinteraksi dengan “sahabat setia” ini. Manfaat yang sama ternyata juga dirasakan oleh anak-anak autis yang memelihara anjing.

Penelitian menunjukkan anak-anak yang memiliki gangguan spektrum sindrom autisme mengalami penurunan kadar hormon kortisol atau hormon stres setelah mereka menghabiskan waktunya bermain dengan anjing peliharaannya. Para orangtua juga melaporkan berkurangnya gangguan perilaku pada anak-anak mereka.

Beberapa literatur juga menunjukkan anjing yang telah dilatih khusus mampu membantu anak autis dalam situasi sosial serta meningkatkan kemampuan anak autis mengikuti aktivitas rutin harian.

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psychoneuroendocrinology, para ahli untuk pertama kalinya berhasil mengungkap manfaat psikologi dari anjing peliharaan untuk anak autis. “Anjing peliharaan mampu menurunkan kadar hormon stres pada anak-anak autis,” kata Sonia Lupien, peneliti dari Universitas Montreal.

Lupien dan timnya melakukan pengukuran kadar kortisol dari air liur 42 anak autis. Normalnya, produksi kortisol mencapai puncaknya 30 menit setelah seseorang bangun tidur. Lupien mengukur kadar kortisol sebelum, selama dan setelah anak-anak autis itu berinteraksi dengan anjing yang telah dilatih untuk bersikap tenang dalam kondisi yang ribut dan chaos.

Dua minggu sebelum diperkenalkan dengan anjing-anjing jinak itu, kadar kortisol para responden mencapai 58 dalam 30 menit setelah bangun tidur pagi. Namun setelah mereka sering bermain dengan sahabat barunya, kadar kortisolnya berkurang hingga 10 persen. Empat minggu setelah si anjing diambil kembali, kadar kortisol anak-anak itu meningkat hingga 48 persen.

Para orangtua anak-anak itu juga melaporkan penurunan gangguan perilaku, seperti tantrum ketika anak-anak berinteraksi dengan si Doggie.

Advertisements
Posted in: Uncategorized