Obama, SBY, Jogja atau Yogyakarta dan Merapi

Posted on November 9, 2010

1


empat kata itu beda tapi masing-masing sangat berkaitan. saya bicara begini saat melihat resepsi makan malam Obama di istana negera didampingi SBY, presiden kita.

keduanya punya kesamaan nasib. kenapa demikian, tak lain karena kedua-duanya pernah mengecap dan tinggal di Yogyakarta. masa kecil Obama juga tidak lepas dari Jogja, karena ayah tirinya adalah orang jogja, sehingga tidak heran kemudian saat liburan sekolah dia akan bertemu dengan sepupu-sepupu tirinya, jadi tidak heran ketika dia merasa ikut memperhatikan, terutama adik kandungnya yang meski berbeda ayah, tapi tetap seibu. Tentunya yang lebih atau sangat mendalam adalah ibunya Obama. sehingga tidak heran ketika terjadi bencana Merapi itu, terlihat saudara-saudara sepupu OBama mengunjungi keraton bertemu dengan Sri Sultan, menurutku sih di samping memberi bantuan dari kantong mereka untuk korban merapi, tapi juga mereka menyampaikan bantuan dana dari Obama, termasuk juga menyampaikan maksud Obama akan mengunjungi Indonesia.

Sedangkan SBY ketika di Jogja, tentu kita sudah tahu menjadi pejabat penting dan cukup lama tinggal di Jogja, sehingga tidak heran banyak temen berada di Jogja.

Keduanya sama-sama presiden, satu presiden Indonesia dan satu presiden Amerika Serikat, tapi kedua-duanya juga punya perasaan senasib sama, karena temen, keluarga dan banyak orang terdekat mereka tinggal di Jogja, yang dalam ketidakpastian kabar tentang keberadan temen dan keluarga mereka, tentunya sangat manusiawi jika ada dorongan dari keduanya untuk lebih memperhatikan Jogja.

Terlepas dari itu semua, ternyata Jogja banyak membawa banyak kenangan dari para Pemimpin.

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements