Tidak menyangka Timor Leste menyumbang Sejuta Dollar untuk RI

Posted on November 18, 2010

0


IVAnews — Pemerintah Republik Demokratik Timor Leste menyerahkan bantuan kemanusiaan sebesar 1 juta dollar untuk penanggulangan bencana alam di Wasior, Mentawai, dan Merapi.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Menteri Solidaritas Sosial Republik Timor Leste, Maria Domingas Fernandes kepada pemerintah Indonesia melalui Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono. Penyerahan bantuan juga disaksikan Menkes Endang Rahayu Setyaningsih.

“Kehadiran kami diutus oleh Bapak Perdana Menteri, Kayrala Xanana Gusmao dan juga kebulatan tekad rakyat Timor Leste untuk menyerahkan bantuan kemanusiaan sebagai wujud solidaritas kami terhadap bencana alam yang melanda Wasior, Mentawai, Yogyakarta, Jawa Tengah dan sekitarnya,” kata Maria di Kantor Menkokesra, Kamis 18 November 2010.

Menurutnya, pemerintah negara bekas provinsi ke-27 Indonesia ikut memantau keadaan Indonesia selama dilanda bencana alam.

“Sebagai negara tetangga yang hidup berdampingan, kami sangat prihatin dengan kondisi bencana alam tersebut. Sepantasnyalah kami ikut merasakan penderitaan yang dirasakan oleh rakyat Indonesia,” ungkapnya.

“Bantuan sebesar 1 juta US dollar merupakan bantuan yang nilainya kecil sesuai dengan kemampuan kami, namun kami mengharapkan bantuan ini bisa sedikit meringankan beban para korban yang telah kehilangan rumah, kehilangan ternak, kehilangan harta benda dan materil,” kata Maria.

Selain merenggut ratusan korban jiwa, musibah letusan Gunung Merapi juga merusak rumah dan perkampungan penduduk. Ratusan ribu warga lereng Merapi terpaksa mengungsi.

Bupati Sleman Sri Purnomo menyatakan kerugian materiil akibat letusan Gunung Merapi di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diperkirakan mencapai Rp3,4 triliun.

 

Posted in: berita 4