Tidur ternyata berbahaya

Posted on November 18, 2010

0


mau bilang gimana yach..tapi ini fakta.. sepengetahuanku tidur adalah sinyal alam agar manusia menghentikan sejenak aktivitasnya agar mesin tubuhnya bisa berfungsi normal lagi.

tapi ternyata tidur tidak bisa sembarang bisa dilakukan. ada tempat-tempat berbahaya dan itu tidak boleh dilanggar.

pernah, saya baca artikel ada seseorang yang meninggal ketika tidur digigit kadal. tapi di sini belum seberapa. jika dibandingkan dengan berita yang saya baca beberapa saat ini.

bayangkan, tidur bisa ajak banyak orang ikut mati. lha..gimana ngga. bayangkan seorang pilot pesawat terbang tertidur. bisa dibayangkan kan..seluruh penumpang awak pesawat bisa ikut meninggal. jadi yang meninggal bukan cuma dia, tapi bisa saja seluruh penumpang.. dan kalau peristiwa supir tertidur di bus sudah sering kita dengar. dan bisa ditebak..kecelakaan terjadi dan seluruh penumpang juga ikut meninggal dunia.

kita semestinya belajar dan mengaca dari pengalaman ini. hendaknya semua perlu membenahi bahwa manusia kan bukan mesin. jadi, kalau emang keselamatan itu nomer satu, perlu dikoreksi lagi kebijakan-kebijakan yang salah.

seingat saya, sopir penumpang bus jarak jauh itu ada  sopir atau pengemudi cadangan. nah, demikian pula, dengan pesawat terbang..ada sih ada..tapi bukannya di darat…ya..di pesawat terbang itu juga..sama seperti di bus.. sedangkan kita tahu terkadang bus juga tidak mematuhi.

memang biaya SDM jadi lebih mahal sehingga ongkos produksi lebih besar. tapi mau apa dikata, keselamatan penumpang atau manusia menjadi tetap utama atau nomer satu.

semoga saja bisa menjadi masukan bagi para pengambil kebijakan/keputusan.

 

Advertisements