Belajar drupal dengan mudah dan cepat

Posted on November 20, 2010

1


sebenarnya saya sudah pernah sedikit tahu apa itu drupal. waktu itu saya sedang coba-coba gimana pasang cms secara offline. namun saya saat itu justeru bertemu dengan cms drupal. waktu itu saya tidak tertarik, tapi belakangan saya mulai tertarik. karena saya pernah melihat ada situs luar negeri bagus dan setelah diperhtikan ternyata memakai drupal. lantas saya berfikir kenapa drupal bisa juga menarik. karena itu, sambil mempelajari tulisan menarik, saya juga coba berbagi. mari kita sama-sama mempelajari.

Okeh, tinggal di-extract aj nih di localhost, tepatnya di C:\wamp\www (kalo pake WAMP) or C:\xampp\htdocs (Kalo pake Xampp).

Kalau udah, langsung buka browser, dan ketik http://localhost/drupal. dan inilah hasilnya



Tahap pertama pilih bahasa yang diingkan. Untuk pertama langsung pilih English aj yah, klik “Install Drupal in English”. Dan kita langsung ke tahap kedua… yang Cuma sekedar informasi, apa computer kita telah terinstal segala sesuatu yg dibutuhkan untuk instalasi drupal. Jika sudah, maka instalasi drupal akan langsung ke tahap ke tiga, yaitu konfigurasi database.

Masukkan nama database yang diinginkan, ingat nama database ini harus sudah tersedia pada database local anda. Kemudian masukkan username dan password dari database anda. Kemudian jika anda klik “Advanced options” akan ter-expand isian untuk konfigurasi yang lebih.

Jika anda menginstall drupal di computer local anda sendiri, ketik “localhost” pada isian Database host. Masukkan di database port, jika settingan anda menggunakan port. Dan isikan prefix di Table prefix agar setiap table dalam drupal menggunakan awalan atau prefix ini sehingga anda bisa menginstall beberapa drupal dengan hanya satu database J. Setelah yakin dengan settingan anda, klik tombol “Save and continue”. Dan kita akan masuk ke langkah ke-4, yaitu “Install Site”. Biarkan drupal melakukannya untuk anda. J

Okay, setelah selesai akan muncul seperti pada gambar di bawah ini.

Kita hampir sampai tujuan, periksa barang bawaan anda, lho.. :hehehe: . ya, kita hamper selesai. Sekarang kita akan mengkonfigurasi untuk situs drupal kita. J  Isikan “Learning Drupal” untuk Nama situs kita, dan isikan juga email kita. Kemudian untuk akun administrator, masukan username, email, password guna pengelolaan situs kita nantinya J

Kemudian kita masuk ke server settings. Pilih Time zone kita

Untuk “Clean URl” berguna untuk alias alamat link pada browser kita nantinya. Karena secara default drupal menggunakan link seperti “?q=” yang kita tidak mengerti apa maksudnya. Dengan meng-Enable Clean URL, maka link itu akan hilang. Kemudian jika kita men-checklist “Check for update..”, drupal akan mengirimi kita tentang update-an terbaru dari drupal ke email kita…

And…. Done .. mudahkan.. :solution:

setelah membaca di atas, pembaca harap maklum bahwa belajarnya secara offline. tapi secara online, bisa saja bahkan lebih cepat. biasanya saat kita beli hosting, sudah ada yang otomatis. jadi tidak perlu kita menginstal seperti cara-cara di atas yang saya anggap rumit. silakan mencoba dan saya juga berminat sama. tulisan ini sebagian ada yang saya ambil dari sini=itrackerz.com

Posted in: komputer