Belajar lanjut module-module penting pada drupal

Posted on November 24, 2010

0


ada beberapa module penting dalam drupal dan menurut saya memang sangat penting dan vital dan sangat perlu dihapami. namun mesti hati-hati dalam menerapkan, karena jika kurang tepat meletakkannya, mesti dibenahi lagi dan mengingat kita kurang paham tentang pemrograman, tentunya kita mesti harus lebihberhati-hati. terkadang kesalahan itu muncul dan kemudian kita kesulitan untuk mengatasinya mengingat keterbatasan kemampuan pemrograman kita.

berikut ini ada 10 module penting drupal

  1. Token : sangat2 penting. Banyak sekali module yang tergantung pada token, misalnya anda ingin otomatis membuat folder dengan format: sites/all/default/files/[uid], dimana [uid] otomatis diganti dengan User ID yang login saat itu!
  2. Path Auto : membuat path secara otomatis, daripada node/123 tentu lebih oke pake content/cara-membuat-nasi-goreng . Bersama dengan token anda bisa membuathttp://domain.tld/content/2009/01/15/memasak/cara-membuat-nasu-goreng !!!
  3. CCK berserta kroni2 nya, termasuk ImageAPI, ImageCache, ImageField: saya tidak bisa hidup tanpa CCK (drupaller)!
  4. Views : bersama CCK seperti sendok dan garpu
  5. Rules : wow … ini jantungnya Drupal! Membuat fungsi C pada Drupal berfungsi pada konteks VMC (View Model Controller)
  6. FCKeditor (WYSIWYG Editor) + IMCE : kecuali anda suka mengajarkan user anda menulis tag html 🙂 OpenWYSIWYG Editor : module ini diciptakan untuk menghilangkan kesulitan instalasi pada FCKeditor. Module ini tidak memerlukan IMCE karena sudah memiliki fitur file/image browser sendiri.
  7. Counter (Site Counter): sebaiknya anda tahu siapa (ip) dan berapa banyak kunjungan ke website anda!
  8. Captcha (Perlindungan Spam): abaikan module ini. Jangan install module ini jika anda tidak ingin tidur nyenyak!
  9. Contemplate : membuat edit template semudah 123!
  10. Simplemenu . Saya tidak menganjurkan modul Super Nav karena link aslinya tidak ditampilkan. Jika memang ingin pakai Super Nav, maka sebaiknya pakai module Navigate saja (dari developer yang sama) .DHTML Menu : module ini lebih praktis karena mendukung menu default Drupal (baik primary maupun navigation) serta mampu diaplikasikan pada menu buatan anda sendiri

Module yang hebat:

  1. Ubercart : saya tidak tahu apakah UC meruapakan shopping cart terbaik di Drupal, tetapi saya terbiasa memakainya, anda?
  2. Emfield (Embedden Multimedia): mau membuat Drupal seperti YouTube? Ini dia kuncinya!
  3. Taxonomy Manager : saya bisa entry puluhan term hanya dalam 1 halaman!
  4. Quick Tabs : model tabbed yang sgt memudahkan
  5. Thickbox : ini karena UC pakai thickbox dan mempermanis tampilan web anda! Alternatif lain adalah menggunakan Lightbox2 .

sumber yang saya ambil dari

http://openstorage.gunadarma.ac.id/cms/drupal/10-Modul-Terpenting_Komunitas-Drupal-Indonesia/

tadi saya lupa sebutkan masih ada lima lagi lanjutannya. tolong jangan lupa dipelajari dengan cermat. menguasai drupal cukup bisa memudahkan  anda berkreasi dalam pengembangan kemampuan internet anda. coba dan buktikan.

masih ada lagi tulisan sama yang saya ambil dari sumber yang sama=

Dengan tanpa menjadi tendensius, Modul – Modul penting itu tergantung dari kebutuhan anda. tergantung dari struktur dan kebutuhan web tersebut. bila hanya sekedar Blog Pribadi, Tentu modul yang penting itu tidak akan sebanyak modul yang dibutuhkan untuk membangun Portal Berita. Apalagi portal E-Commerce. Beberapa modul penting di D5 sudah masuk dalam core D6, demikian juga nanti di D7.

Menurut saya, Modul penting itu sangat subyektif. Namun, modul yang kayaknya harus segera dimasukan dalam Core Module berikutnya adalah :

1. CCK (Kayaknya mulai D7 ini udah masuk)

2. Views

3. Token

4. Pathauto

5. WYSIWYG (Text Editor) seperti TinyMCE / yg lain.

6. Images

7. Captcha

8. Simple Menu / Admin Menu

9. Lightbox / Thickbox

10. xmlsitemap (buat sitemap dan umpan ke mesin pencari)

dll..

itu mungkin beberapa modul yg sering saya pakai..(saya skrg sdh full menggunakan D6. kalo ada tambahan lagi silakan. (Ingat, gunakan modul tambahan sesuai kebutuhan .. dan kalo tidak digunakan, sebaiknya di-uninstall dan dihapus dari folder instalasi.)

terlihat bahwa tulisan tadi juga ada pengulangan beberapa sebagian. tapi tidak perlu kuatir. asalkan dengan cermat, kita malah bisa lebih memahaminya dengan baik. semakin sering dipahami, semakin baik untuk kita menguasainya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements