Setelah adanya pencabulan atau pelecehan seksual, Dedy Miswar meminta maaf

Posted on November 29, 2010

0


Apa yang dilakukan oleh salah satu peserta FFI yang dilakukan oeh salah satu artis binaannya, RS, karena melakukan pencabulan terhadap gadis di Batam, ternyata menjadi persoalan  moral tersendiri bagi Dedy Miswar sebagai ketua FFI, meski panitia sendiri sudah cuci tangan.

BATAM – Meski mengaku lepas tangan atas ulah pelecehan seksual yang diduga dilakukan artis berinisial RS, pihak panitia FFI meminta maaf kepada masyarakat Batam.

“Kalaupun ada yang tindakan yang melanggar hukum, kami meminta maaf kepada seluruh masyarakat kota Batam,” ujar Deddy Mizwar selaku penasehat Komite Festival Film Indonesia (KFFI) saat ditemui di Hotel Harbourbay Amir, Batam, Minggu (28/11/2010).

Detail Berita

Bintang film Kiamat Sudah Dekat itu meminta agar semua pihak tidak melimpahkan seluruh kesalahan pada panitia penyelenggara FFI 2010. Pasalnya, panitia sudah memiliki agenda yang jelas selama menjalani acara di Batam.

“Kita kan sudah punya agenda yang jelas datang ke Batam. Itu tindakan pribadi yang bersangkutan. Makanya kita juga tidak bisa membela diri kalau terbukti. Karena ini negara hukum,” tegasnya.

Artis yang sering memproduseri film religi itu juga berharap kasus pelecehan seksual yang diduga dilakukan artis delegasi FFI 2010 bisa segera selesai. Dia juga mengimbau masyarakat memisahkan ulah pribadi RS dengan penyelenggaraan FFI 2010.

“Karena itu kan tindakan pribadi. Tidak ada hubungannya dengan acara FFI di Batam ini. Jadi jangan anggap panitia punya agenda seperti itu. Panitia datang ke Batam dengan agenda pembacaan nominasi FFI 2010,” tutupnya. (nsa)(uky)

Hal yang dilakukan Dedy Mizwar adalah masuk akal, sebagai seorang tokoh yang banyak menelurkan karya-karya religi tentunya akan sangat mengkritis atas apa yang terjadi saat itu. Meski kita akui, cukup sulit untuk menentukan bentuk reward dan punishment bagi anggotanya, FFI semestinya bagi Dedy Miswar mesti bersih dari cela perilaku dari peserta. sikap tegas Dedy Miswar selaku penasehat  komite  FFI  akan memberikan kontribusi tersendiri bagi dunia perfilman di kemudian hari.

Posted in: artis