ternyata bener resep tidak pikun salah satunya jalan kaki

Posted on November 30, 2010

0


Seperti biasa saya ngobrol dengan temenku. kemudian berhubung kita tidak pernah jalan sama-sama dan sibuk masing-masing. lalu aku usulkan gimana kalau naek sepeda. tapi ternyata temen saya menolak dan kurang setuju. lebih bagus, jalan kaki. sampai sekarang kami tidak pernah seiya untuk urusan ini. tapi kemudian setela

membaca artikel ini, mungkin sesekali saya bisa penuhi ajakan dia untuk jalan kaki. tapi persoalannya, kalau terlalu jauh gimana. sama-sama olah raga dan juga perlu diingat aku sering naek sepeda untuk jarak jauh juga. hmmm…kuat ngga yach..

manfaatnya bisa diambil dari jalan kaki tak lain bisa disimak di sini.

VIVAnews – Penelitian terbaru di Amerika Serikat menunjukkan bahwa berjalan kaki sekitar lima mil atau sekitar tujuh kilometer per minggu mengurangi risiko terserang penyakit daya ingat atau Alzheimer.

Seperti dikutip dari laman Daily Mail, berjalan kaki secara teratur memperkuat kerja memori di otak. Ini efektif membantu seseorang yang mulai mengalami gejala kehilangan daya ingat, termasuk mereka yang sudah terdiagnosis Alzheimer.

Menggunakan teknik pemindaian MRI, tim peneliti mempelajari hubungan antara aktivitas tubuh secara teratur dan pengaruhnya terhadap struktur otak penderita Alzheimer atau penyakit memori lainnya.

Dr Cyrus Raji dari Sekolah Pengobatan Universitas Pittsburgh mengatakan, “Kami menemukan bahwa berjalan kaki lima mil setiap minggu melindungi struktur otak selama 10 tahun pada orang dengan Alzheimer. Kami menemukan bahwa penurunan memori mereka lebih lambat lima tahun.”

Tim peneliti menarik kesimpulan itu melalui analisis berkelanjutan selama satu dekade tahun. Mereka melibatkan sedikitnya 426 orang usia antara 70 dan 80 tahun, yang terdiri dari 299 orang sehat, 83 pasien dengan gejala kehilangan daya ingat, dan 44 pasien Alzhaimer.

Mereka mencatat kebiasaan dan intensitas berjalan kaki seluruh responden. Sepuluh tahun kemudian, mereka melakukan pemindaian untuk melihat perubahan volume otak seluruh responden. Hasilnya, responden yang melakukan banyak aktivitas fisik memiliki volume otak yang lebih baik daripada mereka yang kurang gerak.

“Alzheimer adalah penyakit yang merusak otak. Penyakit ini tak bisa disembuhkan dengan berjalan kaki, tapi paling tidak aktivitas itu bisa meningkatkan ketahanan otak sehingga mengurangi efek buruknya,” kata Raji. (pet)

setelah saya berfikir dan berkaca dari artikel itu, saya mulai merancang gimana yach..biar bisa jalan kaki bersma dia. mungkin saat kami sama-sama sedang tidak sibuk. bukan begitu teman..oke tunggu aja ajakan jalan kakimu…nanti dengan senang hati aku temanin..biar sama-sama sehat.. baik fikiran maupun fisik.

Posted in: kesehatan 1