korelasi perut buncit dengan resiko Osteoporosis

Posted on December 1, 2010

0


Udah berapa lama yach aku buat akun fesbuk. awalnya sih temenku yang ajak aku bikin. terus dari situ, baru kutahu

perkembangan temen smp dan smu aku, bahkan temen kuliah. banyak yang wajahnya telah berubah. nah, bahkan kulihat mereka begitu karena bobot tubuh mereka meningkat draktis. lihat saja perut mereka yang udah buncit. lantas ada info perut buncit bisa tingkatkan resiko Osteoporosis atau kerapuhan tulang.

agar lebih yakin dengan pernyataan di atas, simak lagi lebih terperinci

Perut Buncit Tingkatkan Risiko Osteoporosis
Mereka yang memiliki konsentrasi lemak di perut memiliki kepadatan tulang lebih rendah.
RABU, 1 DESEMBER 2010, 16:21 WIB

VIVAnews – Apakah bentuk tubuh Anda menyerupai apel atau buah pir? Studi di Amerika Serikat menemukan, wanita kelebihan berat badan dengan bentuk tubuh menyerupai buah apel lebih rentan osteoporosis dibandingkan mereka yang memiliki tubuh berbentuk buah pir.

Seperti dikutip dari laman Times of India, wanita bertubuh apel umumnya memiliki timbunan lemak yang terkonsentrasi di sekitar perut. Sementara timbunan lemak wanita bertubuh buah pir terkonsentrasi di sekitar pinggul dan paha.

Peneliti melibatkan 50 partisipan wanita kelebihan berat badan, usia 40 tahun ke atas dengan indeks massa tubuh rata-rata 30. Selain memindai distribusi lemak dalam tubuh, peneliti juga mengukur kepadatan tulang dalam tubuh.

Pipiet Tri Noorastuti

Wanita Gemuk (doc.Corbis)

Mereka yang memiliki konsentrasi lemak di jaringan otot dalam perut memiliki kepadatan mineral tulang lebih rendah dibandingkan mereka yang memiliki konsentrasi lemak di area pinggul dan paha. Rendahnya kepadatan mineral tulang jelas menunjukkan gejala osteoporosis.

“Kita tahu bahwa obesitas memicu masalah kesehatan utama di masyarakat. Dan, sekarang kita tahu bahwa obesitas di perut perlu diperhatikan sebagai faktor risiko osteoporosis dan masalah tulang,” kata Dr Miriam Bredella, radiolog di Massachusetts General Hospital sekaligus profesor asal Harvard Medical School, kepada Telegraph.

Bagi Anda yang memiliki masalah tubuh berbentuk buah apel tak perlu kecil hati. Riset Universitas Northwestern, Illinois, menemukan bahwa wanita dengan bentuk tubuh apel memiliki kemampuan dalam tes ketangkasan mental yang lebih baik daripada mereka yang memiliki bentuk tubuh buah pir.

Kalau demikian halnya, apakah ada hubungannya mengurangi  makan itu atau lebih dikenal puasa dengan osteoporosis. jujur, dulu dianggap bahwa puasa menjadi salah satu penekan atau katakanlah diet agar bisa badannya ideal. namun dalam konteks ini saya juga bingung, ada juga temen tuh..badannya ngga gemuk tapi kenapa perutnya juga buncit. setidaknya info ini lebih meyakinkan saya agar lebih serius lagi menjaga kesehatan secara menyeluruh.

agar tidak buncit gimana caranya yach? maaf, kebetulan perut saya malah ramping. tapi mungkin bisa bermanfaat bagi temen-temenku lamaku yang ada di fesbuk.

 

 

 

Advertisements
Posted in: kesehatan 1