Pengusaha terkaya di Cina dipegang pebisnis online, Baidu

Posted on December 3, 2010

0


Pengusaha bisnis online atau bisnis melalui internet, lebih banyak mendominasi peringkat teratas  orang terkaya dari berbagai belahan dunia. ini menunjukkan bahwa bisnis internet sangat prospektif. meski kita akui bahwa untuk tingkat dunia tidak selamanya dipegang oleh pebisnis online.

REPUBLIKA.CO.ID, SHANGHAI –Taipan minuman, Zong Qinghou dan salah satu pendiri situs pencarian populer Cina, Baidu, Robin Li, dinobatkan menjadi orang terkaya di Cina oleh Forbes, Kamis. Zong, pengusaha 65 tahun dan pendiri Wahaha Group yang mengelola bisnis minuman ringan mempunyai kekayaan 8 miliar dolar AS, naik dari peringkat tiga tahun lalu.

Pendiri Baidu Jadi Orang Terkaya di Cina
Tak selisih jauh,  Li, 44 tahun, dengan totoal kekayaan 7,2 miliar dolar AS menduduki peringkat kedua, melejit dari posisi tahun lalu yang berada pada urutan ke-14. Saham Baidu laku keras saat Google memutuskan untuk hengkang dari Cina menyusul praktik sensor di dunia maya oleh pemerintah Cina.

Tempat ketiga diduduki Liang Wengen, pengusaha 53 tahun yang juga salah satu pendiri Sany Group. Total kekayaannya 5,9 miliar dolar AS.

Krisis ekonomi global tahun lalu betul-betul menjungkirbalikkan posisi orang terkaya di Cina. Orang terkaya nomor satu tahun lalu, Wang Chuanfu, 44 tahun, terjun bebas ke posisi 10 setelah hartanya terpangkas 4,25 miliar dolar AS. Perusahaannya, yang 10 persen sahamnya dimiliki Berkshire Hathaway milik Warren Buffett, mengalami kemunduran.

Sektor properti memang jatuh akibat krisis, kata Forbes, namun sektor consumer good dan perusahaan pengembang teknologi meningkat setahun terakhir. “Jumlah miliuner di Cina dalam daftar telah membengkak menjadi 128 orang, dari 79 orang tahun lalu,” kata kepala biro Forbes untuk Shanghai, Russell Flannery.

Red: Siwi Tri Puji B
Sumber: AP
Info-info yang menunjukkan prestasi para pebisnis online memasuki jajaran orang terkaya telah membuktikan bahwa dunia online mulai mendapat tempat tinggi atas penghargaan yang diberikan masyrakat dan semakin meningkatnya  pengaruhnya nya terhadap kehidupan masyarakat.
Posted in: apa ya