Selama ini hanya tahu idol populer Justin Bieber. ngga nyangka ada lagi idol versi YouTube dan Myspace

Posted on December 6, 2010

0


Kupikir selama ini artis dunia maya yang terdongkrak namanya hanya Justin Bieber tapi ternyata masih banyak lagi yang tidak kalah banya

fansnya.

Memang diakui bahwa media TV ikut melesatkan namnya sehingga aku hanya tahu idol populer Justin Bieber. ngga nyangka ada lagi idol versi YouTube dan Myspace. coba kulihat lagi.

Top 10 Hottest YouTube & MySpace Artists

October 12th, 2010 | 11 komentar
Kategori: Album of The Day

Idol dan kroni-kroninya bukanlah satu-satunya cara untuk menciduk bakat menyanyi. Belakangan, artis-artis justru tidak ditemukan dengan cara datang ke audisi, ngantri di antara ribuan orang, mengikuti setiap tahapan eliminasi oleh juri, hingga voting dari pemirsa televisi yang menentukan siapakah yang pantas jadi juara. Masih banyak cara selain itu, salah dua yang juga enggak kalah populer adalah merekam penampilan dalam bentuk video dan merekam suara dalam bentuk audio, kemudian memposting video/audio tersebut ke situs jejaring sosial yang mengakomodir tampilan video dan audio. Yang paling banyak disukai adalahYouTube dan MySpace. Setelah upload, tinggal tunggu dech komentar-komentar yang masuk. Kalupun sedikit komentar, data “view” yang tersedia enggak bisa membohongi kamu apakah hasil karyamu itu populer atau enggak.

Cara ini memang ampuh. Buktinya, di berbagai belahan dunia, mulai dari Belanda, Australia, sampai Filipina juga sudah punya artis-artis yang asalnya klo enggak dari YouTube ya dari MySpace. Yang paling baru dan kamu pasti kenal adalah Greyson Chance. Video yang dipostingnya ke YouTube adalah dirinya bermain piano sambil menyanyikan lagu Lady Gaga yang berjudul ‘Paparazzi’. Beruntungnya Greyson, video itu juga dimuat di 2 situs sosial, GossipBoy.ca dan reddit.com dan enggak lama dari situ, Ellen DeGeneres pun menyaksikannya dan langsung mengajak cowok berusia 13 tahun itu untuk tampil dalam acaranya, plus menawarinya rekaman! Seru kan? Seiring dengan itu, nama Greyson Chance pun terus-terusan menambah pamor di dunia maya dan di kalangan selebritis Hollywood. Mari kita simak siapa aja yang masuk dalam daftar 10 artis jebolan YouTube & MySpace pilihan kita.

Top 5 YouTube Artist pilihan CreativeDisc:

Photobucket1. Justin Bieber (asal: Kanada)
Yang dilakukan Justin Bieber sebelum namanya menggebrak indutri musik internasional adalah ikutan lomba nyanyi tingkat kota Stratford. Sang ibu, Pattie Mallette mengabadikan penampilan-penampilan anaknya dalam bentuk video, mengunggahnya ke YouTube supaya sanak saudara dan handai taulan yang enggak sempat nonton langsung masih berkesempatan menyaksikan aksi Bieber yang waktu itu masih berusia 13 tahun. Di lomba nyanyinya, Bieber cuman juara 2, tapi saat Sccoter Braun menyaksikan kebolehan artis cilik ini, adalah kemenangan terbesar buat Bieber! Dirinya pun langsung diperkenalkan ke Usher dan Usher langsung membawanya ke Antonio L.A. Reid, bos perusahaan rekaman Island Def Jam Music Group. Sekarang Bieber adalah salah satu bintang baru terpanas dengan video untuk single ‘Baby’-nya memecahkan rekor most viewed di YouTube pada bulan Juli lalu yaitu sebanyak 350 juta!

Photobucket2. Esmee Denters (asal: Belanda)
Awalnya, nyanyi lagu orang lain, selanjutnya, nyanyi lagu sendiri donk. Esmee Denters di tahun 2006 memulai sesuatu yang enggak disangka-sangkanya akan menjadi hal terindah dalam hidupnya saat ini. Esmee memasang video dirinya menyanyikan lagu-lagu Justin Timberlake dan Natasha Bedingfield di YouTube. Hasilnya? Enggak jauh-jauh dari Bieber sih, manajer artis dari Belanda, Jonathan Berhane memperkenalkannya ke produser musik, Billy Mann. Berangkat dari sini, Esmee kemudian ditugaskan menjadi opening act untuk konser Justin Timberlake. Oh la la, JT pun jatuh hati pada cewek yang berusia 22 tahun ini. Dan saat JT membentuk Tennman Records, Esmee adalah artis pertama yang merilis album dalam naungan Tennman. Mantab! Esmee pun sering dipakai untuk opening act artis-artis besar lainnya, sebut saja Enrique Iglesias dan Ne-Yo. Muncul sebagai guest vocalist untuk rapper Chipmunk dan band Stanfour. Memenangkan TMF Awards, EBBA, dan MTV Europe Music Awards!

Photobucket3. Charice (asal: Filipina)
Nama aslinya adalah Charmaine Clarice Relucio Pempengco, dan saat dirinya tenar sekarang, cukup panggil dia Charice saja. Caranya untuk terkenal adalah menyanyikan lagu-lagu diva. You name it, she got it! Celine Dion dan Whitney Houston adalah kesukaannya. Charice mengikuti lomba Little Big Star di tahun 2007 lalu dimana video-videonya beredar di YouTube. Alhasil, perusahaan music publishing dari Swedia menawarinya rekaman album. Setelah itu, dia tampil di berbagai acara. Dari negara satu ke negara lainnya. Dari Korea hingga Amerika. Saat Oprah Winfrey dalam acaranya mengangkat tema “World’s Smartest Kids”, Charice dipilih sebagai salah satu bintang terbesarnya. Kemudian Oprah-pun memboyong gadis 18 tahun ini ke hadapan David Foster. David pun enggak menyia-nyiakan kesempatan emas untuk mengorbitkan Charice! Album “Charice” yang dirilis bulan Mei lalu debut di 10 besar Billboard 200 Album Chart dengan single ‘Pyramid’ yang berhasil menjuarai Billboard Dance chart. Belum lama ini, Billboard pun menempatkannya di posisi 4 dalam daftar 21 pesohor terpopuler yang berusia di bawah 21. Charice juga gabung dalam serial Glee sebagai Sunshine Corazon.

Photobucket4. Cody Simpson (asal: Australia)
Apa yang dinyanyikan Cody Simpson untuk dimasukkan ke YouTube? Jawabannya adalah ‘I’m Yours’ (Jason Mraz), ‘Cry Me A River’ (Justin Timberlake), dan ‘I Want You Back’ (Jackson 5). Apa itu saja? Tidak! Dia juga memposting lagu-lagu yang dia ciptakan sendiri. Ada yang judulnya ‘One’ dan ada juga yang judulnya ‘Perfect’. Penemuan seorang Cody Simpson dilakukan oleh Shawn Campbell, produser nomintor Grammy! Enggak lama-lama, cowok 13 tahun ini pun dibawa dari negeri kangguru menuju negeri sejuta impian. Single pertamanya, ‘iYiYi’ menampilkan rapper Flo Rida. Sekarang, Cody sudah berdomisili di Los Angeles dan telah dikontrak oleh Atlantic Records. Belum lama ini dia menyelesaikan tur Camplified 2010 sebagai tur pertamanya. Dia juga ikut dalam Rock The Rapids Concert dan Shop Til You Rock Tour. Cody juag sudah mulai mengumpulkan awards, seperti Nickelodeon Australian Kids Choice Awards dan Breakthrough Of The Year Awards. Single keduanya segera meluncur, judulnya ‘Summertime’.

Photobucket5. Marie Digby (asal: Amerika Serikat)
Ingat masa-masa lagu ‘Umbrella’ ngetop banget? Saat itulah Marie Digby menuai fame! Dia manyanyikan lagu Rihanna tersebut dalam versi akustik. Nah, akustikannya di YouTube ini sampe 15 juta kali viewed lho! Hebat memang! Selain lagunya Rihanna, dia sebenarnya juga membawakan lagu-lagu dari Maroon 5, Incubus, Lady Gaga, Usher, dan Nelly Furtado. Selain itu, dia juga menyanyikan lagu-lagunya sendiri. Karena dia juga jago menciptakan lagu. Kontraknya bersama Hollywood Records adalah hasil yang dituainya. Album pertamanya, “Unfold” di tahun 2008 peak di posisi 29 Billboard. Marie pun ikutan menciptakan lagu-lagu di album ini, sekaligus memasukkan lagu ‘Umbrella’ yang mengangkat namanya. Di tahun 2009 lalu, Marie punya 2 album, “Second Home” dan “Breathing Underwater”. Lagu-lagunya banyak dipakai acara televisi Amerika, seperti The Hills, The City, Smallville, 90210, dan masih banyak lagi. Tahun lalu, Marie memenangkan Teen Music Internacional – Brazil untuk Best New Artist.

Top 5 MySpace Artists pilihan CreativeDisc:

Photobucket1. Colbie Caillat (asal: Amerika Serikat)
Di MySpace, nama Colbie Caillat menjadi unsigned artist nomer 1 di genre-nya selama 4 bulan berturut-turut. Itu pasti karena bakatnya yang luar biasa dan musiknya yang sangat bisa diterima pendengar. Album debutnya “Coco” peak di posisi 5 Billboard 200 Album Chart dan meraih double platinum di Amerika, dengan single debut-nya ‘Bubbly’ peak di posisi 5 juga. Keberhasilannya dalam dunia musik semakin menjadi-jadi, saat duetnya bersama Jason Mraz memenangkan Grammy Awards untuk Best Pop Collaboration with Vocals. Di kategori yang sama, kolaborasinya dengan Taylor Swift untuk lagu ‘Breathe’ pun diunggulkan. Album keduanya “Breakthrough” berhasil debut di posisi 1 Billboard 200 Album. Dan di ajang Grammy pun album ini diunggulkan di kategori Best Pop Album. Way to go, Colbie!

Photobucket2. Lily Allen (asal: Inggris)
Putri musisi Keith Allen dan produser film Alison Owen yang bernama asli Lily Rose Beatrice Allen ini memasukkan demo-nya dalam MySpace, dan itu enggak sia-sia. Regal Records pun mengontraknya, seiring dengan halaman MySpace-nya yang semakin terkenal. Lebih dari 10.000 views. Pasca itu, prestasi yang Lily Allen peroleh adalah dua album triple platinum di Inggris; “Alright, Still” dan “It’s Not Me, It’s You”, dua single nomor 1 di Inggris; ‘Smile’ dan ‘The Fear’, dua buah BMI Awards di tahun 2008 dan 2010, BRIT Awards untuk Best Female Solo Artist di tahun 2010, dan nominasi di ajang Grammy Awards serta MTV Music Awards di Amerika, Eropa, dan Jepang. Single-nya ‘Smile’ pun dinyanyikan ulang oleh Glee Cast yang masuk dalam album “Glee: The Music, Volume 2″.

Photobucket3. Sean Kingston (asal: Amerika Serikat)
Tommy Rotem (Beluga Heights) menemukan Sean Kingston di MySpace pada tahun 2007 lalu, dan dia mengajak Sean untuk kontrak rekaman bersama Sony. Produser JR Rotem menyatakan bahwa Sean adalah seorang musisi yang sangat menjual. Enggak salah memang, karena single pertama Sean berhasil jadi juara di berbagai negara, Amerika, Inggris, Kanada, Australia, dan Selandia Baru. Album nya pun berhasil masuk 10 besar di Billboard 200 Album dan disertifikasi emas. Album keduanya “Tomorrow” berisi hit single ‘Fire Burning’ yang benar-benar hot seperti judulnya! Single ini mendapat sertifikat platinum sebanyak 2 kali. Sekarang, selain merilis beberapa single, Sean sedang mempersiapkan album ketiganya. Salah satu lagu yang akan ada dalam album tersebut adalah ‘Eenie Meenie’ yang dibawakannya bersama bintang pop Justin Bieber. Sean Kingston dianugerahi Teen Choice Awards di tahun 2007 untuk lagu ‘Beautiful Girls’. Lagu ini pun sempat direkam JoJo dengan sudut pandang cewek.

Photobucket4. Adam Young (asal: Amerika Serikat)
Adam Young, dengan nama panggung Owl City maupun Sky Sailing, memperkenalkan musiknya lewat MySpace. Dan berangkat dari sini, Universal Republic pun mengontraknya untuk membuat album rekaman, dengan menggunakan nama panggung yang dua tadi. Sekarang, siapa yang enggak tau ‘Fireflies’? Siapa yang enggak terpesona dengan melodinya yang sangat menyenangkan? Musik elektronika yang ditawarkannya sangat matching dengan selera masa kini. Lagu ‘Fireflies’ pun meroket ke puncak tangga lagu di berbagai negara. Sebagai Sky Sailing, dia berhasil merilis album “An Airplane Carried Me To Bed” dengan hit andalah ‘Brielle’. Kelanjutan Owl City, Adam berkolaborasi dengan Chicane dan juga Armin van Buuren, berikut mengisi soundtrack untuk 90210, Almost Alice, dan yang terbaru adalah Legend of the Guardians: The Owls of Ga’Hoole.

Photobucket5. Joe Brooks (asal: Inggris)
Mau tau siapa yang pernah berhasil menjuarai chart MySpace di Inggris? Dialah Joe Brooks. Cowok 23 tahun ini mulai memposting lagu-lagunya ke MySpace saat situs tersebut baru-baru buka. Dan dia pun rajin banget memasukkan lagu-lagunya kesana, sehingga tanpa sadar udah lebih dari 30.000 kali diputar per hari. Langsung dech Joe jadi nomor 1 di MySpace. Sekarang, kontaknya di MySpace sudah lebih dari 100.000, dan lagu ‘Superman’ miliknya sudah diputar lebih sering dari lagu terakhirnya Oasis. Tawaran untuk kontrak rekaman pun ramai. Tapi yang dipilihnya adalah Universal, dan single ‘Superman’ pun akhirnya dirilis. Menyusul album “Constellation Me” di awal September lalu. Dia juga bekerjasama dengan produser dan pencipta lagu kenamaan JR Rotem dan Kara DioGuardi.

sumber=

creativedisc.com/reviews/album-of-the-day/top-10-hottest-youtube-myspace-artists/

(Compiled by Ai & CreativeDisc Contributors)

Nah, mungkin karena di Kanada yang negara tetangga sebelahannya, Amerika Serikat, sehingga sangat mudah bagi Justin mendunia. karena itu, tak salah jika kemudian kita bisa tau dari data di atas, idol-idol baru dari negara-negara lainnya.

Advertisements
Posted in: musik