Kini mulai bermunculan WikiLeaks Versi Lokal

Posted on December 9, 2010

0


Wikileaks yang mendunia perannya telah menginspirasi blogger-blogger lokal dari berbagai negara. Salah satunya, yang mulai tergerak adalah Rusia.

Rusia Punya Situs WikiLeaks Versi Lokal
Terinspirasi WikiLeaks, blogger Rusia membuat situs pembocor rahasia korupsi.
RABU, 8 DESEMBER 2010, 18:03 WIB

Indra Darmawan

 

Tampilan depan laman WikiLeaks (wikileaks.ch)

VIVAnews – Kendati Julian Assange kini mendekam di tahanan, namun kiprah pendiri situs WikiLeaks itu makin memanen simpati dari banyak kalangan. Bahkan WikiLeaks juga menjadi inspirasi bagi situs-situs sejenis bermunculan.

Setelah mantan staf senior WikiLeaks Daniel Domscheit-Berg berniat membuat situs pembocor rahasia baru yang lebih canggih dari WikiLeaks, baru-baru ini, seorang blogger dan jurnalis terkenal Rusia Alexei Navalny, juga membuat situs pembocor korupsi model WikiLeaks.

Seperti halnya WikiLeaks, situs bernama Rospil.info itu, memberikan kesempatan kepada siapapun untuk mempublikasikan informasi yang berkaitan dengan praktek-praktek korupsi di Rusia serta mendiskusikannya secara online.

Seperti dikutip dari kantor berita Rusia Ria Novosti, banyak pakar menyambut baik situs web semacam ini, karena bisa menjadi sumber informasi yang baik untuk memberantas praktek korupsi di Rusia.

Apalagi, selama ini, Navalny merupakan tokoh yang telah dikenal baik oleh publik. Navalny adalah pemilik saham minoritas beberapa perusahaan Rusia. Ia merupakan tokoh yang secara konsisten mengkampanyekan praktek bisnis yang lebih transparan di Rusia.

Nah, yang mulai terpapar dari benak saat ini, cukup singkat dan sederhana. andaikata sudah mulai salah satu negara  muncul wikileaks versi lokal. nah, sudah bisa ditebak, tentunya kapan nich akhirnya sampai di Indonesia. Sedang saya tunggu kabarnya.

Posted in: komputer