Istilah berkaitan dengan pemanasan global

Posted on December 12, 2010

0


Adaptasi – Suatu respon terhadap stimulus atau pengaruh iklim nyata atau perkiraan yang dapat meringankan dampakburuknya atau memanfaatkan peluang-peluangnya yang  menguntungkan. Pada manusia, adaptasi dapat bersifat antisipatif atau reaktif dan dapat dilaksanakan oleh sektor-sektor publik atau swasta.
Efek rumah kaca – Suatu proses pemantulan energi panas ke atmosfer dalam bentuk sinar-sinar infra merah. Sinar-sinarinfra merah ini diserap oleh karbondioksida dan di atmosfer yang menyebabkan kenaikan suhu
Ekosistem – Seluruh organisme hidup dan lingkungan hidupnya; sekelompok organisme hidup yang saling bergantungsatu sama lain dan sama-sama bergantung pada lingkungan tempat mereka hidup bersama
Gas-gas rumah kaca – Berbagai unsur di atmosfer yang mengakibatkan efek rumah kaca. Beberapa gas rumah kacadihasilkan secara alamiah di atmosfer, sementara yang lainnya merupakan akibat berbagai aktivitas manusia seperti membakar bahan bakar fosil seperti batu bara. Gas-gas rumah kaca terdiri dari uap air, karbon dioksida, metan, nitrogenoksida, dan ozon
Iklim– Rata-rata cuaca – menggambarkan kondisi sistem iklim selama satu kurun waktu dan biasanya digambarkan dalamrata-rata atau variasi berbagai variabel seperti suhu, curah hujan, dan angin, sebagian besar umumnya berkaitan dengancuaca.
Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) – Panel ilmiah yang didirikan pada tahun 1988 untuk menerbitkanlaporan khusus tentang berbagai topik yang relevan dengan implementasi Kerangka Konvensi PBB untuk Perubahan Iklim,UN Framework Convention on Climate Change (UNFCCC).
Kebijakan ‘Tanpa Penyesalan’ (‘No regrets’ policy) – kebijakan dan tindakan yang dapat memberikan manfaat sosial terlepas dari ada tidaknya perubahan iklim yang diakibatkan oleh manusia.
Mitigasi – Semua intervensi manusia yang menurunkan sumber-sumber gas rumah kaca atau yang meningkatkan penyerapannya
Pemanasan global – Kenaikan rata-rata suhu udara di dekat permukaan bumi dan samudera dalam beberapa dekade terakhir ini dan proyeksi kelanjutannya
Pembangunan berkelanjutan – Pembangunan yang memenuhi kebutuhan masa kini tanpa mengorbankan kapasitas generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Pengurangan Risiko Bencana – Pengembangan dan penerapan berbagai kebijakan, strategi, dan praktik secara sistematisuntuk meminimalkan kerentanan dan risiko bencana di  seluruh lapisan mayarakat, untuk menghindari atau membatasi akibat buruk bahayanya, di dalam konteks yang luas pembangunan yang berkelanjutan.
Perubahan iklim – Semua perubahan dalam iklim dalam suatu kurun waktu, apakah karena perubahan alamiah atau sebagai akibat aktivitas manusia.
Protokol Kyoto – Protokol ini merupakan amandemen the  United Nations Framework Convention on Climate Change yang menugaskan pewajiban batasan emisi untuk mengurangi  emisi gas rumah kaca kepada negara-negara yang menandatangani kesepakatan itu.
UNFCC (United Nations Framework Convention on Climate Change) – Suatu kesepakatan internasional yang diberlakukan pada tahun 1994 bertujuan untuk menstabilkan konsentrasi gas rumah kaca

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Posted in: Pemanasan Global