Wikileaks hadapi serangan balik hacker pro kepentingan Amerika Serikat US

Posted on December 13, 2010

0


setelah berbagai aktivitas hacker pro Wikileaks

yang menyerang situs-situs perusahaan raksaya yang membebantu  kepentingan pemerintah US atau Amerika Serikat. Kini giliran serangan balik dari hacker pro kepentingan Amerika Serikat. inilah ceritanya.

WikiLeaks ‘Bentengi’ Diri dari Serangan Cyber

Tekanan politik yang kuat membuat WikiLeaks melengkapi diri mereka dengan perangkat pertahanan elektronik.

WikiLeaks 'Bentengi' Diri dari Serangan Cyber

 

LONDON – Tekanan politik yang kuat membuat WikiLeaks melengkapi diri mereka dengan perangkat pertahanan elektronik.

Dalam beberapa hari terakhir ini infrastruktur WikiLeaks yang sebelumnya berada di Reno, Nevada telah dipindahkan di luar AS ke sebuah provider di Toronto, Kanada. Dari pada memperkerjakan hanya satu perusahaan provider untuk mengarahkan traffic ke Wikileaks.ch, kini WikiLeaks memperkerjakan 14 provider yang kini digunakan untuk menyediakan ketahanan, untuk berjaga-jaga apabila mereka mendapat serangan cyber. Demikian seperti yang dikutip dari Cnet.com, Rabu (8/12/2010).

Penyusunan ulang ini dilakukan sebagaimana pendiri WikiLeaks, Julian Assange ditahan hariatas tuduhan pelecehan seksual di London; sebuah tuduhan yang disangkal oleh Assange, yang mengatakan bahwa tuduhan tersebut bermuatan politis.

Semenjak WikiLeaks menguak data-data Departemen Dalam Negeri AS bulan lalu, yang menyebabkan pihak pemerintah AS berang, sejumlah layanan provider menjauhi mereka, termasuk Amazon.com, PayPal, Visa, MasterCard dan EveryDNS.

Beberapa politisi telah memanggil perusahaan-perusaahan untuk memutuskan koneksi mereka dengan WikiLeaks, membuatnya lebih beresiko bagi WikiLeaks untuk bergantung pada infrastruktur AS. Joseph Lieberman, kepala dari Homeland Security Comitee mengatakan tidak ada perusahaan, yang harus membantu WikiLeaks dalam upaya mereka untuk menyebarkan materi-materi curian ini.

Kini WikiLeaks berpaling ke server yang dioperasikan oleh Swedish Pirate Party, yang mendukung upaya pembagian dokumen. Sejumlah situs mirror terus bermunculan setiap menitnya. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar website-website WikiLeaks termasuk Wikileaks.is, Wikileaks.fr, Wikileaks.de, Wikileaks, Wikileaks.nl, Wikileaks.no tetap online, berjaga-jaga kalau terjadi serangan cyber.

WikiLeaks bergantung pada dua infrastruktur yang berbeda: link dengan Internet Domain Name System (DNS) dan hosting provider. Karena kedua infrastruktur juga sedang dalam tekanan, WikiLeaks juga melindungi keduanya.

Ke-14 provider yang dipakai oleh WikiLeaks adalah:

Wikileaks.ch. ns1.twisted4life.com.

Wikileaks.ch. elrido.no-ip.org.

Wikileaks.ch. dns2.easydns.net.

Wikileaks.ch. s2.s3cr3t.de.

Wikileaks.ch. dns1.syshack.org.

Wikileaks.ch. ns2.easydns.com.

Wikileaks.ch. lou.porcus.ch.

Wikileaks.ch. marmotta.brabbel.ch.

Wikileaks.ch. ns1.buzzernet.net.

Wikileaks.ch. dns.wikileaks.ch.

Wikileaks.ch. v217241437.yourvserver.net.

Wikileaks.ch. dns2.syshack.org.

Wikileaks.ch. ns1.pcdog.ch.

Wikileaks.ch. arjeplog.scnr.ch.

Wikileaks.org kini masih offline, Thuy Ledinh, perwakilan untuk Public Interest Registry of Reston, Va., yang mengoperasikan registry .org, mengatakan bahwa organisasinya tidak merasa

tertekan oleh desakan agar WikiLeaks.org hilang secara permanen. “Kami belum dihubungi oleh pihak berwenang dari pemerintah mengenai domain tersebut,” ujar Ledinh.

Tidak heran jika kemudian mulai muncul perang antar hacker-hacker yang pro dan anti pemerintah Amerika Serikat maupun Wikileaks. semua itu berlangsung seru dan tentunya ke depan akan disuguhi drama menarik berikutnya. kita tunggu saja nanti.

 

 

Advertisements
Posted in: berita 4