Gonzales mampu memanfaatkan Peluang kecil hasilkan gol

Posted on December 16, 2010

0


ketangguhan kiper filipina ternyata sudah cukup diakui terbukti dengan begitu gencarnya serangan timnas Indonesia mampu dipatahkan, namun di saat-saat mulai mendekati akhir babak kedua, sebuah umpan jarak jauh mampu dimanfaatkan El Loco Gonzales karena kesalahan kiper Filipina.

 

Gonzales Bawa Indonesia Ungguli Filipina
Kamis, 16 Desember 2010 | 19:23 WIB

AFP PHOTO/BAY ISMOYO

Zulkifli Syukur (kiri) ditackle oleh pemain Filipina Philip Placer dalam leg pertama semifinal AFF Suzuki Cup 2010 di Jakarta, Kamis (16/12/2010).

JAKARTA, KOMPAS.com – Penyerang Christian Gonzales mencetak gol yang membawa Indonesia unggul 1-0 atas Filipina pada menit ke-32 leg pertama semifinal Piala AFF di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (16/12/2010).

Gol bermula dari umpan Firman Utina langsung ke jantung pertahanan Filipina. Gonzales, yang berada di tengah kotak penalti lawan, menanduk bola masuk ke sudut kanan bawah gawang, bola sempat membentur tiang gawang.

==================

Indonesia Unggul Satu Gol di Babak I
Indonesia memang tampil menekan sejak menit pertama peluit pertandingan dimulai.
KAMIS, 16 DESEMBER 2010, 19:51 WIB

VIVAnews – Indonesia untuk sementara unggul 1-0 di babak pertama semifinal leg I Piala AFF melawan Filipina, Kamis 16 Desember 2010. Bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, gol Indonesia dicetak Cristian Gonzales di menit 31.

Indonesia memang tampil  menekan sejak menit pertama peluit pertandingan dimulai. Peluang terbaik akhirnya tercipta di menit tujuh lewat kerjasama Irfan Bachdim dan Oktovianus Maniani. Sayangnya, peluang itu terbuang percuma setelah bola sodoran Bachdim malah dibuang Okto ke sisi kanan mistar gawang.

Tiga menit berselang, kembali Okto membuka peluang emas. Kali ini pemain asal Papua itu bekerjasama dengan Gonzales. Namun kali ini malah Gonzales yang membuang bola ke atas mistar meski sudah di depan gawang tim Filipina.

Filipina sendiri bermain lepas tanpa tekanan. Beberapa kali mereka melakukan serangan berbahaya. Tercatat di menit 13, Filipina mencetak peluang pertamanya lewat tendangan keras Phil Younghusband dari luar kotak penalti. Beruntung buat Indonesia, tendangan itu masih bisa diatasi kiper Markus Haris Maulana dan cuma menghasilkan sepak pojok.

Meski demikian, peluang Filipina belum bisa mengimbangi tekanan tinggi dari Indonesia. Akhirnya di menit 31, Filipina kebobolan juga setelah Indonesia mencetak gol pertama lewat kerjasama Gonzales dan Firman Utina.

Firman memberi umpan panjang dari luar kotak penalti dan salah diantisipiasi oleh barisan pertahanan Filipina. Gonzales langsung mengambil bola yang jatuh ke kepalanya. Bola pun langsung bersarang ke jala Filipina, Indonesia pun untuk sementara unggul 1-0.

Itu menjadi gol pertama dan terakhir di babak pertama. Hingga turun minum, skor masih 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

================

Terbukti bahwa dengan hanya 2 pemain naturalisasi dibandingkan dengan filipina yang hampir seluruhnya adalah pemain naturalisasi, kualitas Indonesia mampu mengimbangi, bahkan untuk sementara di babak pertama mampu mengungguli. tentunya ini bisa menjadi pelajaran penting bahwa untuk pemain depan, pemain lokal murni kurang mampu bermain maksimal, terbukti produksi gol mulai meningkat pesat setelah adanya dua pemain naturalisasi yang bermain prima. ini bisa jadi cambuk bagi pemain lokal berposisi depan.

Posted in: sepak bola 1