Kiper tim nasional Filipina Neil Leonard Dula Etheridge berseteru dengan El Loco Gonzales

Posted on December 16, 2010

0


ah..masak iya..iyalah..karena mereka nanti akan lebih sering bertemu saat menyongsong laga nanti malah itu. keduanya akan saling mengukur kekuatan. karena itu, pantas kiranya saya bicara tentang keduanya. inilah mereka.

Kiper Filipina Pengin Jalan-jalan, Tapi…
Kamis, 16 Desember 2010 | 11:40 WIB 

Laporan wartawan KOMPAS.com Laksono Hari Wiwoho
 

AFP PHOTO/STR

kiper tim nasional Filipina Neil Leonard Dula Etheridge saat berupaya mengadang serangan pemain Myanmar.

JAKARTA, KOMPAS.com – Kiper tim nasional Filipina Neil Leonard Dula Etheridge berharap bisa menikmati suasana Jakarta selama mengikuti semifinal Piala AFF 2010. Sayangnya, hal itu sulit terwujud.

Neil mengakui, sejak timnya tiba di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, pada Selasa (14/12/2010) malam, semua kegiatan mereka hanya dilakukan di area hotel. Sesuai instruksi Pelatih Simon McMenemy, semua harus berkonsentrasi pada laga semifinal pertama pada Kamis (16/12/2010) malam.

“Ini pertama kali aku ke sini. Aku pengin lihat suasana di luar (hotel), tapi tak tahulah apakah ada waktu. Kami di sini hanya untuk bermain bola,” kata pemain 20 tahun itu kepada Kompas.comsebelum melakukan latihan ringan bersama timnya di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Kamis siang.

Hari ini tim Filipina tak mengagendakan latihan di Stadion Gelora Bung Karno. Setelah sarapan, mereka kembali ke kamar masing-masing, lalu melakukan peregangan otot pada pukul 11.00.

Mereka juga bermain bola di lapangan teknis outdoor di sisi timur hotel tersebut. Permainan ini mirip sepak takraw di mana dua kelompok yang saling berhadapan harus mengembalikan bola ke lapangan lawan setelah tiga kali sentuhan.

nah, ini sedikit cuplikan juga tentang El Loco Gonzales

AFF 2010
Gonzales Bakal Bersinar
Kamis, 16 Desember 2010 | 11:18 WIB
 

Ferril Dennys

Christian Gonzales resmi menjadi WNI. Ia pun berjanji akan bekerja keras demi timnas.

JAKARTA, KOMPAS.com – Legenda timnas Indonesia, Sarman Panggabean, menilai, Cristian Gonzales merupakan penyerang bertalenta luar biasa. Karena itu, Sarman yakin “El Loco” bakal bersinar sekaligus mengantarkan pasukan “Merah Putih” meraih kemenangan saat bertemu Filipina pada semifinal pertama Piala AFF 2010, Kamis (16/12/2010).

Gonzales memang terkenal sebagai striker yang paling fenomenal di Indonesia. Ia pernah menjadi top skor lima kali berturut-turut di tiga klub berbeda yakni PSM Makassar, Persik Kediri, dan Persib Bandung.

Kesuksesan itu yang mengantarkannya masuk ke skuad timnas di ajang Piala AFF 2010 sejak resmi menjadi Warga Negara Indonesia pada November lalu. Penyerang Persib Bandung itu berhasil melunasi kepercayaan publik.

Keberhasilan Indonesia lolos ke semifinal tidak terlepas dari andil besar yang diberikan penyerang berusia 34 tahun itu. “Penempatan posisi dan teknik menggiring bolanya bagus. Tidak ada pemain Indonesia yang sebagus dia,” ungkap Sarman kepada Kompas.com, Kamis (16/12/2010). “Motivasinya luar biasa. Dia enggak separuh-separuh membela Indonesia,” lanjutnya.

Gonzales dipastikan tidak akan bergerak bebas pada pertandingan nanti. Filipina telah menyiapkan strategi untuk mematikan pergerakkan Gonzales karena pemain kelahiran Uruguay itu merupakan penyerang yang berbahaya.

Terkait hal itu, Sarman yakin, Gonzales bisa keluar dari kawalan lawan. “Dia merupakan pemain yang memiliki tipikal pekerja keras. Saya yakin dia bisa melepaskan diri dari kawalan. Lagi pula, kalau dia dikawal adalah sebuah keuntungan karena pemain lain menjadi tidak terkawal,” beber Sarman.

Lebih lanjut, Sarman yakin, pelatih Alfred Riedl tidak akan melakukan rotasi besar-besaran pada pertandingan nanti. “Saya pikir, Riedl akan mempertahankan The Winning Team ketika mengalahkan Malaysia dan Laos. Duet Gonzales dan Irfan Bachdim akan kembali dipasang,” ujar Sarman.

nah, kita tentu berharap agar El Loco bisa berperan besar nantinya melesatkan gol ke gawang kiper Filipina ini. Jangan terlena dengan kemenangan karena masih ada beberapa laga yang mesti dihadapi. Apalagi terlihat kiper Filipina ini cukup tangguh mementahkan serangan.

Posted in: sepak bola 1