Nonton AFF langsung bikin nasionalisme bangkit. Garuda di dadaku!

Posted on December 16, 2010

1


antusiasme nonton bola bareng di rumah atau di tempat hiburan, meski tidak langsung saat piala AFF aja sudah luar biasa semaraknya  dan bikin semangat. apalagi nonton langsung di tribun..bisa-bisa merinding.

Nonton Langsung Bikin Merinding
Jumat, 17 Desember 2010 | 01:41 WIB
 

KOMPAS/AGUS SUSANTO

Pendukung timnas Indonesia meneriakkan yel-yel menyemangati saat berlaga melawan timnas Filipina dalam semifinal Piala Suzuki AFF 2010 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (16/12/2010). Indonesia menang 1 – 0.

JAKARTA, KOMPAS.Com – Menonton langsung pertandingan Indonesia melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) tak seperti menyaksikan lewat televisi. Ada kontak langsung secara nyata, termasuk secara batin. Keterlibatan emosi saat menonton langsung juga sangat kuat.

Wajar, banyak pendukung Indonesia merasa merinding. Apalagi saat lagu kebangsaan Indonesia dinyanyikan, juka saat nyanyian dan sorakan dipekakkan demi mendukung Firman Utina dkk. Semakin merinding lagi ketika Indonesia mencetak gol lewat sundulan Christian Gonzales.

Hesti (45) mengaku senang bisa menemani anaknya menonton langsung pertandingan antara Indonesia lawan Filipina. “Beda rasanya dengan menonton televisi. Saya sampe merinding,” aku Hesti.

Jangan berpikir jika dukungan untuk timnas Indonesia hanya datang dari orang dewasa. Anak-anak pun mencoba memberi dukungan maksimal. Bagi Noval (11), Adam (9) dan Febri (7), berada di SUGBK menjadi pengalaman yang tidak tergantikan.

“Udah tiga kali nonton di sini, kemarin waktu melawan Malaysia sama Laos, dan sekarang ini,” kata Noval yang mengaku senang bisa melihat aksi Firman Utina dan kawan-kawan secara langsung.

Noval, Adam, dan Noval adalah teman satu komplek perumahan Bank Indonesia di Jakarta Timur dan masih duduk di bangku sekolah dasar. Mereka sudah berada di SUGBK sejak sore. Berangkat dari rumah yang berada di Jakarta Timur pukul 15.00 WIB, kemudian menunggu di luar stadion hingga pintu gerbang dibuka.

Berada di tribun atas (kategori tiga) tidak menghalangi Noval, Adam, dan Febri untuk tetap bersorak dan memberikan dukungan kepada timnas Indonesia. Apalagi saat sundulan Christian Gonzales berhasil menggetarkan gawang Filipina.

“Besok masuk sekolah, gak ngantuk dan tetap bisa ngikutin pelajaran,” kata Adam yang datang bersama keluarganya.

Pertandingan semifinal putaran pertama Indonesia melawan Filipina dimenangkan oleh Indonesia lewat gol semata wayang Christian Gonzales pada menit ke-32. Masih ada pertandingan putaran kedua pada Minggu (19/12/2010) nanti.

nah, artikel lainnya ini juga tentang nasionalisme baru. Jangan sampai kalah nasionalis dengan Gonzales. meski tidak terlahir dan besar di sini, namun seakan sudah memiliki nasionalisme Indonesia. Lantas bagaimana dengan anda? ayo lebih nasionalis dong!

Gonzales: Gol Ini untuk Rakyat
Kamis, 16 Desember 2010 | 23:14 WIB

KOMPAS IMAGES/BANAR FIL ARDHI

Pemain Timnas Indonesia, Cristian Gonzales, beradu cepat merebut bola saat bertanding dengan Thailand, dalam Piala Suzuki AFF 2010 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (7/12/2010).

JAKARTA, KOMPAS.com – Penyerang timnas Indonesia, Christian Gonzales, mengaku bahagia bisa mencetak gol yang membuat timnya menang 1-0 atas Filipina pada semifinal pertama Piala AFF 2010, Kamis (16/12/2010). Ia pun mempersembahkan gol tersebut bagi rakyat Indonesia yang telah mendukungnya.

Gonzales menunjukkan ketajamanya sebagai predator di lini pertahanan lawan. Dengan insting yang luar biasa, “El Loco” berhasil menanduk bola, hasil umpan yang dilepaskan Firman Utina.

“Saya senang mencetak gol. Gol ini untuk semua masyarakat Indonesia. Selain itu, saya juga persembahkan gol ini bagi Ronald Fagundes,” kata penyerang kelahiran Uruguay itu kepada wartawan usai pertandingan.

Gonzales pun optimistis “Garuda” bisa melangkah ke final. “Kemenangan ini membuat peluang kami ke final lebih dari 50 persen. Doakan saja kami lolos ke final,” tukas Gonzales.

“El Loco” memang dipredikisi bakal bersinar pada pertandingan ini. Salah satunya legenda sepak bola Indonesia, Sarman Panggabean. Ia menilai, Gonzales penyerang yang luar biasa. “Penempatan posisi dan teknik menggiring bolanya bagus. Tidak ada pemain Indonesia yang sebagus dia,” ungkap Sarman saat itu.

 

kini bisa dimaklumi sepakbola mampu mengatasi semangat terpuruk di tengah-tengah krisis, bukan hanya para ustadz saja yang bertugas membangkitkannya dan bicara tentang semangat, tentunya bisa dimengerti betapa semangat nasionalisme yang kurang bisa bangkit lagi seusai nonton sepakbola ini. kemenangan seakan memberi energi baru bagi rakyat Indonesia berjuang lebih bersemangat lagi menyongsong masa depan.

energi inilah yang kita perlukan agar kemenangan sepakbola ini bisa menjadi bangkitnya kemenangan kita di berbagai bidang dan karena nasionalisme inilah pula bangsa Indonesia menjadi lebih bersatu dan lebih bekerja keras membangun negerinya menjadi yang terbaik di masa datang. tak salah kan kalau bola bisa bikin nasionalisme kita bangkit lagi.

Inilah nasionalisme baru kita. Jangan sampai kalah nasionalis dengan Gonzales. meski tidak terlahir dan besar di sini, namun seakan sudah memiliki nasionalisme Indonesia. Lantas bagaimana dengan anda? ayo lebih nasionalis dong!

Posted in: sepakbola