Daihatsu Move bikin lebih irit lagi

Posted on December 18, 2010

0


Daihatsu mulai mengeluarkan produknya yang lebih irit. tak perlu waktu lama anda mengetahuinya dengan melihat uraian ini.

Bedah Si Irit Daihatsu Move

Sabtu, 18 Desember 2010 – 13:32 wib
Prasetyo Adhi – Okezone

Foto: Ist
TOKYO– Era Kei-Car ternyata belum berakhir. Baru-baru ini Daihatsu meluncurkan Kei-Car legendaris mereka, Move dengan desain terbaru. Apa sih hebatnya?

Generasi kelima Move ini diklaim merupakan mobil dengan efisiensi paling baik yang ada di Jepang. Tidak hanya itu meski berukuran mini mobil ini menjanjikan kabin yang lapang jika dibandingkan dengan Kei-Car lainnya.

Move terbaru ini menurut Daihatsu dilengkapi dengan teknologi idling stop system. Mesin mobil ini akan mati jika berada dalam keadaan diam. Namun setelah gas ditekan mesin mobil akan kembali jalan.

Fitur efisien lainnya adalah penggunaan teknologi penentuan rute. Daihatsu Move memiliki sistem memori navigasi yang dapat memberikan bantuan pemilihan rute. Menurut Daihatsu, mobil tersebut dapat memberikan saran rute mana yang dapat ditempuh dengan efisien atau menghemat bahan bakar.

Terakhir, Daihatsu juga berhasil memangkas bobot Move rata-rata 35 kg sehingga membantu reduksi bahan bakar. Dari berbagai keunggulan itu Daihatsu mengklaim konsumsi bahan bakar mobil ini mencapai 1 liter untuk 27 kilometer.

Dari segi interior dan eksterior Daihatsu Move mendapat beberapa sentuhan baru. Di bagian depan mobil bilah grille sewarna body digantikan bilah berlapis krom dan sektor bumper di desain ulang. Desain velg baru lebih menggoda.

Sedangkan di bagian buritan, bumper dibuat lebih berkarakter, garis melengkung ke atas di pintu belakang pada model sebelumnya ditiadakan, lensa lampu belakang lebih ‘menyala’, dan desain tutup tangki bensin menjadi kotak dari sebelumnya berbentuk bundar.

Bukan hanya itu, pilar A telah dipersempit untuk mengeliminasi blindspot dan pengemudi mendapatkan pandangan yang lebih luas. Demikian pula dengan pilar paling belakang.

Interior turut diperbaiki dengan hadirnya setir baru, warna 2-tone yang lebih cerah, latar belakang speedometer berkelir hitam, dan lapisan ‘metal’ di konsol tengah absen di mobil baru. Bentuk dashboard ikut diperbarui dan kualitas peredaman terhadap kebisingan ditingkatkan.

Kabin Move menawarkan kelegaan dengan dimensi interior panjang 2,075mm, lebar 1,350mm tinggi 1,280mm. Daihatsu mengklaim lebar kabin Move adalah yang terbaik di kelasnya. Sementara itu, Move pun menawarkan sejumlah tempat penyimpanan, seperti baki di bawah jok untuk menyimpan sepatu Anda.

Daihatsu membekali Move dengan mesin bensin KF dan KF turbo. Masing-masing mesin ditawarkan dalam pilihan 2WD atau 4WD. Semuanya menganut transmisi CVT.

Kecil-kecil cabe rawit kan? (uky)

Memang diakui bahwa mobil itu dengan beban mesin dan bodi besarnya tentunya akan lebih menguras bahan bakar dibandingkan dengan sepeda motor.

 

Advertisements
Posted in: Daihatzu