Pemain Timnas Indonesia gesit dan solid gara-gara nutrisi

Posted on December 21, 2010

0


Saat melihat permainan timnas kita begitu luar biasa gesit dan cepat dan kuat, pasti unsur nutrisi atau makanan tidak bisa dilepaskan. pengen tau dech nutrisi tersebut sapa tau ada manfaat bagus buat olahragawan atau setidaknya buat diri sendiri dech.

Nutrisi dan Cairan Bikin Timnas Beringas

Senin, 20 Desember 2010 | 09:04 WIB
KOMPAS/AGUS SUSANTO
Pemain timnas Indonesia merayakan kemenangan ke arah pendukungnya usai mengalahkan timnas Filipina. Indonesia lolos ke final lawan Malaysia dalam partai tandang-kandang. Indonesia bertandang lebih dulu ke Malaysia pada 26 Desember.

 

LIMA kali menang berturut-turut. Filipina yang digawangi pemain jebolan Eropa pun berhasil ditaklukkan dua kali. Padahal, dengan kondisi pemain yang “diduga” tidak dalam kondisi benar-benar fit, karena banyaknya pemain inti yang cedera.

Kekhawatiran para pengamat yang menduga kondisi timnas bakal menurun ternyata tidak terbukti. Firman Utina cs tetap beringas. Bahkan selama dua kali 45 menit, tim Merah Putih hampir mengurung Filipina setengah lapangan.

Sekali lagi, kerjasama yang solid antara pemain, tim pelatih, tim pendukung, tim sport science, tim medis, dan dukungan ratusan juta rakyat Indonesia kunci sukses penampilan timnas.

Dalam laga semifinal kedua, beberapa strategisports science kembali diaplikasikan untuk mendongkrak performa timnas. Pertama adalah antisipasi strategis. Cara berpikir logis, bukan dugaan adalah cara yang dibutuhkan sebuah tim untuk memperoleh kemenangan.

Sejak awal pembuatan skenario program pelatihan, salah satu tujuan sport science adalah meningkatkan “secondary competency”. Artinya, memastikan atlet memiliki kecepatan, kekuatan, daya tahan dalam pertandingan dan kecepatan pemulihan yang tinggi.

Ini tidak bisa dilakukan dengan “pengalaman” atau “mudah-mudahan”. Harus menggunakan pendekatan ilmiah. Ketika tim sport science sudah membantu melakukan seleksi, maka pelatih sudah memiliki referensi pemain yang relatif bugar. Artinya, dengan “educated guess”, semua pemain akan sanggup mengikuti dan menyelesaikan musim pertandingan.

Beberapa hal kunci yang diterapkan di sport science adalah menggunakan teknik fisioterapi terkini dan teknik nutrisi yang menggunakan creatine dan glutamine. Plus, pada kasus Firman Utina, diberikan nutrisi tambahan berupa glucosamine dan chondroitine sehingga sendinya mendapat support nutrisi untuk pemulihan cepat.

Seharusnya, penggunaan glucosamine dilakukan oleh semua atlet sepakbola setiap hari untuk fungsi proteksi, mengingat benturan terhadap sendi yang besar, seperti sendi lutut dan pergelangan kaki. Secara umum, nutrisi yang disiapkan sudah sangat memadai untuk memulihkan kondisi pemain dengan cepat.

Karena aitu, patas saja, seseorang yang sedang sakit memang dipaksa agar mau makan. karena hanya dengan nutrisi itulah dia bisa kuat lagi dan daya tubuhnya akan meningkat sehingga mampu bertahan terhadap berbagai serangan penyakit.

 

Advertisements
Posted in: sepak bola 1