Sorot sinar laser penonton Malaysia ke kiper vietnam biang kekalahan timnas Vietnam

Posted on December 21, 2010

0


kekuatiran mulai melanda timnas Indonesia. pengalaman kekalahan timnas Vietnam atas tindakan suporter Malaysia dengan menyorotkan sinar laser ke penjaga gawan Vietnam yan dianggap menjadi penyebab kekalahan tim Vietnam menjadi perhatian serius. tentunya, kejadian ini tidak boleh terjadi pada timnas kita. profesionalisme bukan semata pada pemain timnas namun para suporter masing-masing negara. inilah keluhannya.

Ada Laser, Timnas “Walk Out”
Senin, 20 Desember 2010 | 21:09 WIB
 

KOMPAS.COM/LAKSONO HARI WIWOHO

Ketua Umum PSSI Nurdin Halid.

JAKARTA, KOMPAS.com — Tim nasional Indonesia mengancam tidak akan melanjutkan permainan apabila masih ditemukan sinar laser dalam pertandingan final leg pertama Piala AFF 2010 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (26/12/2010).

“Apabila ada sinar laser, timnas tidak akan lanjutkan permainan,” ancam Ketua Umum PSSI Nurdin Halid, Senin (20/12/2010), dalam siaran persnya di Sekretariat PSSI, Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Nurdin mengemukakan hal itu agar kasus serupa yang dialami timnas Vietnam tidak terjadi pada laga puncak turnamen terbesar se-Asia Tenggara itu.

“Adanya sinar laser yang dibawa fans Malaysia pernah dikeluhkan timnas Vietnam. Kami tidak mau hal itu terjadi pada kami,” ujarnya.

Sebelumnya, beberapa media di Vietnam mengecam aksi pendukung tuan rumah Malaysia yang menembakkan sinar laser ke arah pemain timnas Vietnam. Tindakan tak sportif itu berlangsung dalam partai semifinal leg pertama Piala Suzuki AFF 2010 pada Rabu (15/12/2010) lalu.

Laman Tin The Thao mengabarkan, muncul sorotan laser berwarna hijau dari fans Malaysia kepada penjaga gawang tim tamu, Bui Tan Truong, khususnya sepanjang babak kedua. Media massa Vietnam mensinyalir gol pertama “Negeri Jiran” yang disarangkan Mohd Safee akibat pandangan kiper yang terganggu sinar laser.

Wah, kalau tindakan curang itu terjadi, bisa ditebak betapa tidak sportifnya permainan. Tindakan suporter yang tidak sportif tersebut tentunya bisa merusak semangat fairplay yang dibangun dengan sudah payah.

Kita ingat bagaimana  suporter holigan Inggris mendapat hukuman klub-klub Eropa karena tindakan brutal di luar lapangan. namun di lapangan, suporter Inggris tidak melakukan tindakan yang mengurangi fairplay di lapangan. nah, kalau peristiwa sorotan sinar laser ke penjaga gawang ini sih sudah dianggap melebihi holigan Inggris, lebih tidak fairplay, mengingat bahwa tindakan curang itu terlangsung saat pertandingan berlangsung.

Posted in: sepakbola 2