E-book Wikileaks nongkrong betar di Amazon

Posted on December 23, 2010

0


Saat Amazon mulai merasakan serangan hacker, kini justeru Amazon Amazon mulai mengambil keuntungan  dengan menampilkan  e-book wilileaks meski kemudian Dokumen Rahasia ditutup lagi.

“E-book” WikiLeaks Dijual di Amazon

Jumat, 10 Desember 2010 | 08:21 WIB
Laporan wartawan KOMPAS.com Tri Wahono

Wikileaks
Wikileaks di Amazon

KOMPAS.com — Penyebaran informasi rahasia diplomatik AS dari WikiLeaks tak terbendung. Setelah berkali-kali pindah alamat situs web dan hosting internet, konten WikiLeaks kini dapat dibaca dalam versi buku digital (e-book). Sebuah buku digital berisi kumpulan dokumen WikiLeaks bahkan nongol di toko buku online Amazon, Kamis (9/12/2010).

Buku digital yang ditujukan untuk para pengguna Kindle, e-reader buatan Amazon, itu dijual 7,37 poundsterling. Di sampulnya disebutkan kalau buku digital tersebut menyajikan dokumen dengan nomor 1 hingga 5.000. E-book disusun Heinz Duthel yang dari portofolionya termasuk orang yang rajin mengirim buku-buku digital ke Amazon. Sudah 300 judul buku didaftarkannya ke toko buku online tersebut.

Kemunculannya mengejutkan karena Amazon dinilai sebagai salah satu pihak yang menentang WikiLeaks. Saat mulai mendistribusikan data-data rahasia kabel diplomatik AS, WikiLeaks menggunakan hosting di layanan Amazon, tetapi kemudian diputus dengan alasan melanggar aturan penggunaan yang telah ditetapkan.

Entah berapa lama buku digital tersebut akan tetap nongol di Amazon. Yang pasti, Amazon bakal menuai kritik karena telah mendapat keuntungan dari penjualan e-book WikiLeaks itu meskipun akhirnya menariknya, bahkan jika malah tidak menariknya.

Hal inilah yang kemudian menjadi pertanyaan. Amazon jelas tidak ingin mendapatkan masalah dengan pemerintah Amerika, sehingga memutus hosting wikileaks namun yang sedikit aneh, justeru e-book wikileaks diambil dari hosting yang ditutup tadi dan kemudian menjual demi kepentingannya yang hal demikian , jelas melanggar etika bisnis karena menjual tanpa seijin wikileaks.