Kabar buruk dari Yahoo seputar Altavista dkk

Posted on December 23, 2010

0


Dominasi Yahoo yang menurun prestasinya juga berimbas pada divisi-divisinya yang dibangun. Tiada pilihan karena merugi, Yahoo coba untuk merampingkan divisinya agar tetap bisa survive.

Yahoo! Berencana Tutup Altavista Dkk

Jumat, 17 Desember 2010 | 11:51 WIB

AP Photo/Paul Sakuma
CEO Yahoo! Carol Bartz.

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com — Karena terus didera tekanan finansial, Yahoo! dikabarkan berencana menutup sejumlah situs web yang tidak lagi menjadi bisnis intinya. Informasi rencana penutupan tersebut menyebar dari sebuah slide internal Yahoo! yang terpublikasi di internet.

Beberapa situs tersebut, antara lain, Altavista, Delicious, Alltheweb, dan Yahoo! Buzz. Altavista dan Alltheweb merupakan penyedia layanan search engineDelicious merupakan social bookmarking service yang sempat tenar saat blog mulai ramai digunakan. Sementara Buzz merupakan situs agregasi berita.

“Kami terus mengevaluasi dan memprioritaskan portofolio produk dan layanan kami, dan berencana menutup beberapa produk dalam beberapa bulan ke depan,” ujar juru bicara Yahoo! seperti dikutip situs Wall Street Journal, Kamis (16/12/2010). Ia mengatakan, Yahoo! akan fokus ke bisnis intinya sesuai tuntutan masa depan seperti ke aplikasi perangkat bergerak.

Rencana penutupan beberapa situs tersebut muncul tak lama setelah Yahoo! memecat 600 dari 14.000 karyawannya. Namun, juru bicara Yahoo! menolak berkomentar apakah pemecatan tersebut berkaitan dengan rencana penutupan situs-situsnya. Rencana penutupan tersebut semakin menguatkan animo bahwa Yahoo! suka membeli situs lain. Namun, bukan membuatnya berkembang, melainkan mematikannya.

Melihat perkembangan yang kian menurun dari Yahoo yang tadinya merajai dunia cyber, tentunya kita bisa melihat bahwa dunia memang berputar sangat cepat. Saling silih berganti bersaing untuk menduduki tempat pertama berlangsung cepat dan tentunya ada sisi positif sehingga teknologi dan informasi akan berkembang pesat pula.

 

 

Posted in: Uncategorized