Avatar terlaris dibajak

Posted on December 24, 2010

0


Kian diminati sebuah film, kian laris dibajak. hehe…udah pernah lihat filmnya belum? lumayan sih…film imajinasi dengan peran teknologi yang mendukungnya.

“Avatar”, Film yang Paling Laris Dibajak

Rabu, 22 Desember 2010 | 19:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Mau tahu film yang paling banyak dibajak pada tahun 2010 ini? Demikian dikutip Hollywood Reporterberdasarkan blog TorrentFreak, Rabu (22/12/2010). Avatar, film karya sutradara James Cameron, menjadi film yang paling banyak diunduh dengan jumlah mencapai 16,6 juta kali.

Jumlah tersebut 33 persen lebih tinggi dibandingkan film top yang paling sering dibajak pada tahun lalu, Star Trek. Film ini diunduh sebanyak 11 juta kali.

Namun, 20th Century Fox, yang mendistribuskan film Avatar, tidak sepenuhnya mengeluhkan kenyataan ini.

Bayangkan, film fiksi ilmiah itu meraup pemasukan hampir 2,8 miliar dollar AS karena menjadi box office di seluruh dunia sehingga menjadikannya sebagai film paling laris yang pernah dibuat (sebelum dipotong inflasi).

Sutradara James Cameron acap kali mengatakan bahwa film 3D adalah solusi paling ampuh bagi industri film dalam memerangi pembajakan. Walau begitu, kacamata 3D tak mampu menahan para pembajak untuk meninggalkan perilaku buruk mereka.

Kinerja keuangan dari versi rumahan Avatar belum diketahui. Namun, penjualan perdana DVD telah memecahkan rekor penjualan film.

Yang mengejutkan adalah, film Kick-Ass menempati urutan kedua dengan frekuensi pengunduhan 11,4 juta kali. Film komedi superhero itu tak begitu berhasil di box office dunia dengan penjualan hanya 96 juta dollar AS.

Sementara itu, Inception mengikuti di urutan selanjutnya dengan 9,7 juta kali diunduh. Selanjutnya ada Shutter Island 9,5 juta unduhan dan Iron Man 2 dengan 8,8 juta unduhan.

 

Posted in: artis 2