ancaman kartu kuning jelang final tandang dan kandang AFF

Posted on December 25, 2010

0


ketidakhati-hatian  pemain Indonesia  saat tandang final AFF di Malaysia sangat berpengaruh terhadap pertandingan di laga final. hal demikian masuk akal karena beberapa pemain penting sangat berpengaruh terhadap daya gedor timnas nanti saat di kandang.

Awas, Jangan Kena Kartu Kuning Lagi
Sabtu, 25 Desember 2010 | 05:52 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Indonesia memiliki ancaman lebih berat daripada Malaysia dalam soal kartu. Lima pemain Indonesia sudah mengantongi kartu kuning, sementara Malaysia hanya tiga pemain. Jika pada leg pertama final Piala AFF 2010, Minggu (26/12/2010), terkena kartu kuning lagi, maka para pemain itu tak akan bisa main pada leg kedua, Rabu (29/12/2010).

TRIBUN NEWS/DANY PERMANA
Ahmad Bustomi, Cristian Gonzales, dan M Ridwan merupakan tiga dari lima pemain Indonesia yang sudah terkena satu kartu kuning.

Kelima pemain Indonesia itu merupakan pasukan andalan. Mereka adalah Cristian Gonzalez, Oktovianus Maniani, Ahmad Bustomi, Muhammad Ridwan, dan Hamka Hamzah.

Gonzales dan Okto Maniani mendapat kartu kuning pada leg pertama semifinal lawan Filipina. Dalam leg kedua semifinal Piala AFF 2010, tiga pemain Indonesia mendapat kartu kuning. Mereka adalah Ahmad Bustomi, Muhammad Ridwan, dan Hamka Hamzah.

Oleh karena itu, pada partai pertama final Piala AFF 2010 di Stadion Bukit Jalil, lima pemain Indonesia itu harus hati-hati. Satu kartu kuning lagi akan memaksa mereka absen pada leg kedua dan itu bisa sangat merugikan perjalanan Indonesia dalam menjuarai Piala AFF untuk pertama kalinya.

Malaysia bisa saja memanfaatkan situasi ini. Mereka akan terus mengganggu dan memancing emosi kelima pemain itu agar melakukan tindakan-tindakan yang menghasilkan kartu kuning atau bahkan merah. Maka dari itu, para pemain Indonesia harus tetap konsentrasi dan tak terprovokasi.

Sebaliknya, Indonesia juga bisa memanfaatkan kondisi ini dengan memancing emosi tiga pemain Malaysia yang sudah mengantongi kartu kuning. Mereka adalah Mohd Safee Sali, Mahalli Jasuli, dan Mohd Amirulhadi Zainal.

dengan jumlah kartu kuning yang sudah keluar, Indonesia 5 dan Malaysia 3, merupakan keuntungan bagi Malaysia, karena saat nanti main di kandang lawan atau tandang ke Indonesia, Malaysia masih bisa menyusun skuad idealnya.

karena itu, permainan keras bagi pemain Indonesia nantinya sangat tidak menguntungkan karena potensi skuad idealnya bermain di kandang sehingga kahati-hatian pemain sangat diperlukan.

 

 

 

 

Posted in: sepakbola 3