Jadwal latihan timnas H-3 sebelum leg 1 digelar di Malaysia

Posted on December 27, 2010

0


Saat saya mendengar wawancara di televisi bahwa laser bukan salah satu faktor yang menyebabkan timnas kalah dan dituding juga adanya berbagai aktivitas yang justeru tidak berkaitan dengan latihan dan dikatakan pula bahwa pemain mengalami kelelahan dari berbagai acara tersebut, sehingga saya coba untuk mencari tahu dan kebetulan saya dapatkan jadwal tersebut dan ternyata benar memang ada yang banyak yang tidak sesuai jadwal latihan diganti dengan berbagai acara.

Nah, coba perhatikan sekarang prosentase jadwal tersebut yang justeru tidak sesuai dengan jadwal yang diatur. jelas terlihat, bahwa hanya 30 persen saja yang dipatuhi, selebihnya 70% dilanggar.

nah, ini sudah cukup memberi kita pelajaran berharga bahwa otoritas pelatih sebagai arsitek lapangan menjadi  tidak obyektif, dan sangat dipengaruhi oleh kondisi kepengurusan yang lebih mengedepankan kepentingan di luar tujuan semula.

Hal demikian, tentunya bisa menjadi pelajaran berharga bahwa ketika justeru mendekati hari terpenting dalam suatu laga, sering justeru menjadi tidak profesional dan tidak disiplin.

Berbagai faktor ini setidaknya memberi kita suatu pelajaran berharga bahwa masing-masing pihak punya otoritas sendiri. namun, jangan sampai otoritas itu memasuki otoritas lain yang memang bukan wewenangnya.

pelajaran berharga bahwa pelatih memiliki otoritas penuh terhadap pemain, baik tentang pemilihan pemain (lebih jelasnya, pelatih tidak akan dipengaruhi oleh pihak manapun ketika melakukan pemilihan pemain sesuai dengan kriterianya, berlaku bahwa pengurus tidak akan mencampuri urusan pemilihan pemain) hingga jadwal persiapan pemain  untuk persiapan laga berikutnya. untuk yang satu ini, untuk urusan pemilihan pemain, kita akui otoritas pelatih timnas piala AFF 2010 tidak dipengaruhi pihak lain dalam pemilihan pemain sehingga terbentuk team yang solid dan kompak. Di sini tidak berlaku pemain titipan dari berbagai pengurus klub-klub besar. namun kemudian, pelanggaran masalah jadwal justeru karena campur tangan pihak pengurus melampaui wewenangnya dalam mengatur aktivitas para pemain timnas. Jika kemudian kita belum siap, setidaknya hal ini dianggap wajar mengingat konsentrasi pemain bukan pada persiapan pertandingan berikutnya.

Karena itu, setidaknya kita telah belajar dari hal demikian di atas bahwa membentuk team solid ternyata butuh kedisiplinan atau kerjasama yang profesional.

namun di atas itu semua, saya cukup salut karena kita telah mampu membentuk timnas yang solid. kalah atau menang adalah hal wajar dalam suatu pertandingan dan kita setidaknya cukup puas bahwa timnas kita mampu dibangun dengan solid.

 

 

 

 

 

 

Advertisements
Posted in: sepakbola 3