Menang tapi sayang piala AFF 2010 tidak di tangan

Posted on December 29, 2010

0


Antusiasme suporter Indonesia sangat luar biasa. Bisa dibayangkan bagaimana Stadiun Gelora Bung Karno sudah sangat padat sejak jam 8 pagi, padahal kita tahu bahwa pertandingan atau laga final kandang ajang AFF 2010 baru digelar malam hari. Anda bisa hitung sendiri waktu yang lama dan melelahkan bagi suporter menunggu. Saya sangat salut dech…
Boleh dibilang suporter Indonesia sangat luar biasa, dari berbagai kota yang jauh lokasinya mulai memadati stadiun Bung Karno saat bertanding atau jauh-jauh hari sebelumnya. Bahkan untuk pembelian tiket VIP ludes terjual. Salut dech suporter Indonesia.
Saat tiba pertandingan dimulai berjalan sangat menarik. permainan sangat hidup dan saya sangat menikmati. meski saya lihat ada sekali insiden sinar laser ke kiper Malaysia namun nampaknya sesudah itu tidak terjadi lagi. Rupanya hal ini menunjukkan bahwa suporter Indonesia masih sadar bahwa hal demikian tidak sportif atau fairplay sehingga sesudah itu sayal lihat sepanjang pertandingan sudah tidak ditemukan lagi sinar laser. Bukti bahwa suporter Indonesia tetap mengedepankan fairplay.
Wow…banyak peluang di Timnas Indonesia, bahkan tidak terhitung. Bahkan peluang yang sangat mudahpun. sebuah hadiah pinalti itupun tidak mampu dimanfaatkan. Meski demikian serangan Indonesia terhadap Malaysia tidak pernah berhenti. Sampai akhir babak kedua berakhir , skor masih tetap seimbang 0-0.
Menginjak babak kedua serangan Indonesia kian intensif sehingga melupakan pertahanan dan ketajaman striker Safree memang akurat sehingga Malaysia unggul 1-0. Indonesia mulai mampu menyarangkan gol pertamanya setelah Ahmad Bustomi melakukan pergerakan dan dimanfaatkan dengan baik oleh Nasuha sehingga gol bisa disarangkan. Melihat hal ini, Riedl mulai melakukan pergantian untuk mempertajam serangan mengingat kemenangan saja tidak cukup menjadi juara mengingat agregat gol masih belum terkejar dan tentunya ingat bahwa pada leg pertama Malaysia mampu memenangkan laga 3-0, dan pergantianpun cukup berhasil menuai hasil setelah Ridwan melakukan serangan dan mengenai tubuh pemain bertahan Malaysia, dan melesat menjebol gawang kiper Malaysia.
Waktu berputar terus dan pemain Indonesia terus melakukan tekanan, namun peluit panjang akhirnya memupus harapan meski kemenangan 2-1 dicapai. dengan akumulasi Agregat gol tandang dan kandang, Indonesia tertinggal angka.
Meski demikian, kita cukup puas dengan suguhan menarik, permainan yang saling menyerang dan penuh semangat. suatu pertunjukkan pertandingan bola yang menarik.

Meski demikian, juara boleh terlepas dari tangan kita. tapi satu hal pasti, kita telah mempunyai suatu team solid. Tinggal ke depan bagaimana kita lebih membangun iklim persepakbolaan yang lebih baik. Reformasi sepakbola menjadi pilihan yang lebih baik agar ke depan prestasi persepakbolaan Indonesia kian melejit.

Satu hal pasti proses sudah membuahkan hasil. Pemain-pemain muda yang berbakat mulai bermunculan dan tinggal bagaimana membentuk mental yang lebih baik. hal demikian, kita sadari bahwa pemain-pemain muda lebih perlu mengikuti ajang-ajang internasional agar lebih tenang saat dalam kondisi tekanan dan harapan publik yang luar biasa besar.

Jangan Lupa, prosss sudah berhasil membuahkan hasil. tinggal selangkah lagi ke depan, dan kita tidak perlu kecewa dengan posisi kedua ini. mengingat  membentuk suatu team bola yang solid perlu proses sangat panjang. Kita ingat bagaimana Spanyol perlu membangun jauh-jauh hari sebelum akhirnya mampu menyatukan gelar juara Eropa dan Juara Dunia. nah, kita sekarang sudah pelan-pelan menuai hasil. kita bisa mencapai prestasi yang jauh dari ini.

Saya rasa melihat permainan dan kerja sama team yang solid seperti sekarang ini, rasanya juara Asia pun kita lebih realistis dan masih punya kesempatan jika melihat keberhasilan proses pembentukan team yang solid ini. bukan begitu bung…

GARUDA DI DADAKU…

HARI INI (UPS…BUKAN…YANG BENAR..HARI NANTI)

PASTI MENANG!!!!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements
Posted in: sepakbola 3