Tahun baru akrab dengan sampah

Posted on January 1, 2011

0


ternyata tahun baru yang indah dan menyenangkan jika dilihat dari satu sisi, namun bagaimana dengan sisi lain. Output tahun baru bukan semata-mata kegembiraan saja. tapi juga perlu bicara tentang sampah. Output tahun baru yang melimpah dan bahkan bisa mencapai  7.700 ton. buanyyyaaakkk dech!!

Sampah Pergantian Tahun Capai 7.700 Ton
Sekitar 3.600 petugas dikerahkan membersihkan sampah-sampah sisa perayaan tahun baru.
SABTU, 1 JANUARI 2011, 13:54 WIB

Eko Priliawito, Desy Afrianti

Perayaan Tahun Baru 2011 Di Jakarta (Antara/Prasetyo Utomo)
VIVAnews – Peningkatan sampah pada pesta pergantian tahun meningkat di sejumlah lokasi di Jakarta. Penumpukan massa dalam jumlah besar membuat sampah meningkat dua kali lipat.

Sedikitnya ada 1.916 meter kubik sampah pada malam Tahun Baru 2011 yang diangkut petugas kebersihan Jakarta Pusat. Pada pergantian tahun sebelumnya, jumlah sampah hanya 1.100 meter kubik.

Petugas terpaksa melakukan pengangkutan hingga 132 rit dari sejumlah tempat, seperti Jalan Sudirman, Jalan Thamrin, dan Monas. “Dari ketiga titik itu, sampah yang dihasilkan sebanyak 676 meter kubik,” ucap Suhama, Kasie Pengendali Kebersihan Sudin Kebersihan Jakarta Pusat, Sabtu 1 Januari 2011.

Pihaknya juga menurunkan 33 truk dan pengemudi, 4 unit kendaraan sweeper dan 3 unit reloader. Berkat kesigapan petugas kebersihan yang bekerja selama 24 jam, seluruh sampah telah berhasil dibersihkan pada pukul 10.00 WIB.

Sebelumnya, Gubernur DKI, Fauzi Bowo, juga melakukan pembersihan sampah di wilayah Ancol, Jakarta Utara. Jumlah pengunjung yang mencapai 200 ribu membuat sampah meningkat.

Menurut Foke, jumlah volume sampah di Jakarta naik sekitar 20 persen dari hari biasanya. Pada Sabtu 1 Januari 2011, sampah Jakarta bisa mencapai 7.700 ton.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan DKI, Eko Baruna mengatakan, ada sekitar 3.600 petugas yang dikerahkan untuk membersihkan sampah-sampah sisa perayaan tahun baru di lima wilayah Jakarta.

Petugas kebersihan akan ditempatkan di sejumlah lokasi terutama pusat-pusat keramaian seperti Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, Taman Margasatwa Ragunan, Kawasan Monumen Nasional.

Selama ini kita sadar bahwa pengelolaan sampah kita kurang profesional. Pembuangan sampah saja tidak profesional, apalagi mengurangi sampah agar tidak merusak lingkungan lebih-lebih tidak profesional lagi.

 

Posted in: sampah