Tip atau Contoh surat lamaran kerja yang baik dan bagus

Posted on January 1, 2011

0


Bikin surat lamaran perlu juga mencontoh format yang benar.  Karena tentunya akan sangat sia-sia anda membuat surat lamaran yang berjumlah banyak tapi kemudian ternyata tidak sesuai dengan standar yang lazim dipakai.

Contoh ke 1.

Cibinong, 1 Januari 2011

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.,
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Hand’s Lojindo

Jl. Penuh Sesak No. 5
Cibinong

Dengan hormat,

Bpk. Bambang Satrio, seorang asisten editor di PT. Hand’s Parmantindo, menginformasikan kepada saya tentang rencana pengembangan Departemen Finansial PT. Hand’s Parmantindo.
Sehubungan dengan hal tersebut, perkenankan saya mengajukan diri (melamar kerja) untuk bergabung dalam rencana pengembangan PT. Hand’s Parmantindo.

Mengenai diri saya, dapat saya jelaskan sebagai berikut :

Nama
Tempat & tgl. lahir
Pendidikan Akhir
Alamat
Telepon, HP, e-mail
Status Perkawinan
: ina Putri Imut
: Probolinggo, 5 Agustus 1979
: Sarjana Akuntansi Universitas Pancasila – Jakarta
: Perum Bojo  Baru 1, Blok ZT No.3, Cibinong 16913
: 021 – 87903802, HP = 08001 9854 203, e-mail = putri.inapiflo@gmail.com
: Menikah.

 

Saat ini saya bekerja di PT. Suka P  Bumi Singo, sebagai staf akuntasi dan perpajakan, dengan fokus utama pekerjaan di bidang finance dan perpajakan.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

  1. Daftar Riwayat Hidup.
  2. Foto copy ijazah S-1.
  3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
  4. Pas foto terbaru.

 

Besar harapan saya untuk diberi kesempatan wawancara, dan dapat menjelaskan lebih mendalam mengenai diri saya. Seperti yang tersirat di resume (riwayat hidup), saya mempunyai latar belakang pendidikan, pengalaman potensi dan seorang pekerja keras.

Demikian saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian Bapak.
Hormat saya,

tina Putri

Contoh ke 2.

Jakarta, 1 Januari 2011

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.,
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Gila land Gawonesha

Jl. Penuh Sesak Raya Kebon No. 11
Jakarta Timur

Dengan hormat,

Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari PT. Gilland Ganesha, seperti yang termuat di harian Kompas tanggal 28 undefined 2011. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di PT. Gila land Gawonesha.

Data singkat saya, seperti berikut ini.

Nama
Tempat & tgl. lahir
Pendidikan Akhir

Alamat
Telepon, HP, e-mail
Status Perkawinan

: Benjol Palalu
: Bukit Tinggi, 19 Februari 1976
: Sarjana Manajemen Universitas Islam As-Syafi’iyah (UIA) – Jakarta
(Konsentrasi Manajemen Pemasaran)
: Perum Bumi Sentosa Blok A.5 Bekasi
: 021 – 798914990, 08015 965 5695, benjol_kas07@yahoo.co.id
: Menikah

 

Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan dapat berbahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan manajemen dan marketing yang baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti Excel, Word, Acces, PowerPoint, OutLook, juga internet, maupun surat-menyurat dalam Bahasa Inggris.

Saat ini saya bekerja sebagai staff Marketing di PT. Bayar Finance. Saya senang untuk belajar, dan dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim dengan baik.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

  1. Daftar Riwayat Hidup.
  2. Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai.
  3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
  4. Pas foto terbaru.

 

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.

Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.
Hormat saya,

Benjol Palalu

Sebenarnya masih banyak contoh lagi tapi memang cukup ini saja sudah memadai untuk dimanfaatkan lagi mendaftar ke berbagai perusahaan atau instansi yang anda inginkan.

 

Advertisements
Posted in: Tips 1