Siapa Pemilik Pertama VW Karmann Ghia? ternyata presiden Sukarno

Posted on January 6, 2011

0


Kita memang belum mengenal apa saja kendaraan-kendaraan yang pernah disukai dan dinaiki para pemimpin atau orang-orang besar kita tempo dulu. sedikit info bisa melepas dahaga akan info demikian.

Presiden Soekarno Pemilik Pertama VW Karmann Ghia?

Sabtu, 25 Desember 2010 06:28 WIB | Dilihat 1759 Kali

karmann ghia (flicker.com)

Jakarta (ANTARA News) – Presiden pertama RI, Soekarno, konon merupakan pemilik pertama di Asia untuk VW Karmann Ghia.

“Mobil ini di Asia pertama kali yang pakai Bung Karno,” kata Denny F Kusuma dari VW Club Indonesia yang mengikutsertakan VW Karmann Ghia di Ajang OICC Show 2010 di Balai Kartini,Jakarta.

Menurut dia Bung Karno memiliki dua Karmann Ghiaconvertible (atap terbuka) yang diberikan kepada putranya Guruh dan Guntur. Kini, mobil itu sudah berpindah tangan dan dimiliki oleh seorang yang berdomisili di Bintaro Tangerang.

Denny mengaku mengetahui hal itu dari STNK mobil yang masih menggunakan nama Ir. Soekarno dan hingga kini pemiliknya enggan melepas mobil bersejarah itu.

Mobil VW Karmann Ghia pertama kali diproduksi tahun 1956 sedangkan yang STNK-nya atas nama Ir Soekarno buatan tahun 1958.

VW bekerja sama membuat mobil bersama dua orang bernama Karmann (asal Jerman) dan Ghia (Asal Italia).

Menurut Denny, Karmann Ghia jarang ditemui di Indonesia karenanya banyak diburu. Selain tipe convertible yang kini nilainya sekitar Rp300 juta, ada juga versi hard top (atap tertutup) yang kini berharga 175 juta .

Ia menjelaskan, perawatan Karmann Ghia murah karena hanya butuh melakukan tune up dan ganti oli mesin dengan biaya Rp275 ribu.
(Yud/A038/BRT)

Terkadang saya masih melihat beberapa mobil antik VW bersliweran di kotaku. Pasti perlu ketekunan dan ketelitian agar mobil lama itu bisa tetap prima.

 

 

Posted in: volk Wagon