Calon skuad asing di timnas Indonesia

Posted on January 7, 2011

0


Stefano Lilipaly, Calon Barisan Serang Timnas
Pesepakbola berusia 20 tahun itu, dikenal sebagai pemain berbakat dan tajam.
KAMIS, 6 JANUARI 2011, 09:21 WIB

Amril Amarullah

Stefano Lilipaly ( FC Utrecht Photo)

VIVAnews – Badan Tim Nasional (BTN) PSSI telah memanggil 90 pemain untuk mengikuti seleksi Timnas U-23 yang diproyeksikan ke Pra Olimpiade 2012 dan SEA Games 2011. Empat di antaranya diisi oleh ‘pemain asing.’

Dengan demikian, tim nasional Indonesia akan semakin berwarna dengan tambahan beberapa pemain naturalisasi lagi. Syaratnya, mereka harus lolos seleksi timnas U-23.

Stefano Lilipaly salah satu pemain asing yang akan mewarnai sepakbola Merah Putih setelah Irfan Bachdim, Gonzales dan Kim Kurniawan. Stefano yang merupakan pemain klub Belanda, Utrech FC segera mengikuti seleksi pemain naturalisasi timnas Indonesia.

Impian Stefano untuk mendatangi tanah nenek moyangnya itu diharapkan bisa tercapai. Pemain berdarah Ambon ini, terpanggil mengikuti seleksi pemain muda naturalisasi untuk memperkuat timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games 2011 mendatang.

Pesepakbola berusia 20 tahun itu, demikian dikutip Goal, dikenal sebagai pemain berbakat yang mulai belajar menggiring sepakbola sejak usia 7 tahun. Saat itu dia bergabung di klub sepakbola DCG (klub amatir di Belanda).

Seperti halnya Irfan Bachdim, Lilipaly juga jebolan sekolah bola di Belanda. Klub junior AZ Alkmaar pernah disinggahinya pada usia 10 tahun. 

Lalu, menginjak usia 11 tahun, Lilipaly masuk klub junior Utrecht FC. Di klub tersebutlah, ia mulai menekuni bakatnya untuk menjadi pemain sepakbola. 

Setelah matang dan menunjukkan ketajamannya di Utrecht FC itu, timnas Belanda tertarik dan mengajak bergabung di U-15 dan U-18. Tapi saat ini, Lilipaly harus mengikuti seleksi timnas.

Stefano Lilipaly berposisi sebagai gelandang serang, dengan postur tubuh hanya 170 cm, tetap ia dikenal memiliki tendangan jarak jauh yang keras dan akurat. 

Dikutip dari berbagai sumber, Stefano Lilipaly yang sangat mengidolakan Andreas Iniesta mengaku siap datang ke Indonesia untuk mengikuti seleksi awal, untuk memperkuat timnas U23 di ajang SEA Games 2011.

Berikut profil singkatnya:

Nama lengkap : Stefano Lilipaly
Tempat / tanggal lahir : Arnhem, Belanda / 10 Januari 1990
Tinggi / berat : 170 cm / 60 kg
Orangtua : Ron Lilipaly (ayah) / Adriana Lilipaly (ibu)
Saudara : Shemaine Lilipaly (kakak), Sobay Lilipaly, Nino Lilipaly (adik)

Karir:
Posisi : Gelandang serang

Klub
2000-2001: AZ Alkmaar Junior
2001-sekarang: FC Utrecht

Timnas
Belanda U-15, U-16, U-17, U-18

=======

Empat ‘Pemain Asing’ Ikut Seleksi Timnas
“Mereka akan dinaturalisasi jika kemampuannya bagus,” Iman Arif.
KAMIS, 6 JANUARI 2011, 06:02 WIB

Edwan Ruriansyah

Mark van der Maarel (utregfanatic)
VIVAnews – Tim nasional Indonesia akan semakin berwarna dengan tambahan beberapa pemain naturalisasi lagi. Syaratnya, mereka harus lolos seleksi timnas U-23.

Badan Tim Nasional (BTN) PSSI telah memanggil 90 pemain untuk mengikuti seleksi Timnas U-23 yang diproyeksikan ke Pra Olimpiade 2012 dan SEA Games 2011. Empat di antaranya diisi oleh ‘pemain asing.’

Mereka yakni Stefano Lilipaly (20 tahun) yang berposisi sebagai bek dan bermain di tim junior FC Utrecht Belanda. Lalu, James Zaidan Saragih (19 tahun), gelandang New York Cosmos, AS; Mark van de Maarel (21 tahun), bek FC Utrecht serta Andrea, sayap kanan yang pernah bermain di klub Liga Prancis. 

“Mereka akan dinaturalisasi jika kemampuannya bagus. Ya, dalam proses seleksi di lapangan itulah kemampuan mereka diuji,” kata Deputi Bidang Teknis BTN, Iman Arif kepada VIVAnews.

Tiga nama pertama berdarah Indonesia. Sedangkan Andrea adalah warganegara Prancis yang sudah 17 tahun bermukim di Bali bersama keluarganya. 

“Orangtua Andrea rela anaknya menjadi WNI jika bisa masuk timnas Indonesia,” lanjut Iman.

James Zaidan sudah tiba di tanah air, Selasa malam, 4 Januari 2011. Ia berpaspor Amerika Serikat dan sempat mengikuti seleksi Persebaya U-21. 

Andrea juga sudah datang Rabu, 5 Januari 2011. Menurut Iman, Stefano dan Mark baru mendarat pekan depan. Kedua pemain ini merupakan anggota timnas U-21 Belanda. 

Mereka akan ditambah dengan Arthur Irawan. Pemain yang terdaftar di klub Inggris, Lytham Town ini WNI dan bukan pemain keturunan. 

Pemain 19 tahun ini lulusan Jakarta International School. Ia sedang menjalani tes di klub Inggris lainnya, Preston North End.

Seleksi Timnas U-23 akan digelar dalam 3 gelombang. Seleksi pertama digelar pada 6-9 Januari 2011. Dilanjutkan seleksi kedua pada 10-13 Januari, lalu seleksi ketiga pada 14-16 Januari 2011.

Jika memenuhi selera pelatih timnas, Alfred Riedl, maka naturalisasi pemain keturunan itu akan diproses oleh PSSI.

Posted in: sepakbola 3