Tip pilih meja belajar yang pas buat anak

Posted on January 9, 2011

0


Ergonomis sangat penting buat anak. Anak bisa belajar dengan nyaman dengan meja belajarnya. jangan lupakan dan tentu perlu tip sendiri agar bisa menemukan yang cocok untuk buah hati anda.

Tips Memilih Meja Belajar Anak

Jumat, 7 Januari 2011 | 19:27 WIB
Anissa Q. Aini/iDEA
Memilih Meja Belajar Anak. Lokasi: Unit Contoh Cluster Acacia, Summarecon Bekasi, Bekasi

KOMPAS.com – Tak lengkap rasanya menata kamar tidur si kecil, tanpa menempatkan meja belajar. Tapi meja belajar seperti apa, sih , yang cocok untuk mereka?

Pastikan meja belajar ini mampu menampung semua keperluannya, termasuk komputer, jika memang ia membutuhkan. Jika perlu lengkapi area meja belajar dengan rak

 

Meja belajar sebenarnya tidak perlu berdesain kaku, dengan banyak laci. Kita bisa sesuaikan dengan usia anak yang akan menggunakannya. Untuk balita, lebih baik menempatkan meja dengan kursi pendek dengan warna-warna cerah. Selain lebih mewakili karakter ceria, warna-warna cerah juga lebih merangsang kreativitas mereka.

Ketika si kecil beranjak besar, duduk di sekolah dasar, dimana mereka mulai mengerjakan pekerjaan rumah, barulah tempatkan meja belajar berukuran lebih besar. Pastikan meja belajar ini mampu menampung semua keperluannya, termasuk komputer, jika memang ia membutuhkan. Jika perlu lengkapi area meja belajar dengan rak. Ambalan adalah solusi jitu jika kamar tidur tidak menempati area yang cukup luas.

Soal desain pilih meja belajar yang tidak lagi terlalu berkesan “anak-anak”. Pilih juga warna-warna netral, atau jika masih ingin menempatkan yang berwarna cerah, pilih yang polos tanpa motif. Mengapa dua hal ini perlu diperhatikan? Supaya meja belajar bisa digunakan hingga si kecil makin besar.

Tempatkan pernak-pernik kesukaan mereka di meja belajar, untuk membantu mereka lebih bersemangat belajar. Jangan lupa tempatkan juga lampu meja, untuk memberikan pencahayaan yang cukup, demi menjaga matanya tetap sehat. Dengan demikian, si kecil akan merasa nyaman saat belajar dan menyelesaikan tugas-tugas sekolah mereka. (Anissa Q. Aini/iDEA)

Rasanya kalau dulu, tempat duduk asal dipakai. namun perlu disadari bahwa tempat duduk yang nyaman akan bikin anak anda lebih betah belajar dan itu yang sangat diinginkan baik oleh anda dan buah hati anda.

 

Posted in: anak dan remaja