Main kurang bagus, Riedl tidak rekrut tiga pemain impor

Posted on January 10, 2011

0


Setelah isu naturalisasi pemain mulai mengemuka, ada tanda-tanda semakin banyak pemain impor berniat bermain di Indonesia. Tentunya, timnas sangat menjanjikan, namun sikap tegas dan cermat Riedl cukup diacungi jempol sehingga tidak sembarangan mengambil pemain impor yang kurang berkualitas.

Alasan Riedl Coret Tiga Pemain ‘Impor’
“Mereka tidak lebih baik dari pemain-pemain lokal yang ada,” Pikal.
SENIN, 10 JANUARI 2011, 15:17 WIB

Edwan Ruriansyah, Marco Tampubolon

Andrea Bitar mengikuti seleksi timnas (VIVAnews/ Muhamad Solihin)
VIVAnews – Pelatih Alfred Riedl mencoret tiga pemain ‘impor’ yang ikut dalam seleksi timnas U-23 gelombang pertama yang berakhir Minggu 9 Januari 2011. Apa pertimbangan pelatih asal Austria itu?

Riedl mencoret James Zaidan, Andrea Bitar dan Arthur Irawan. Ketiganya merupakan pemain asal klub luar negeri. James bermain di New York Cosmos (AS), Andrea di FC Cannes (Prancis) dan Arthur di Lytham Town (Inggris).

James dan Andrea berpaspor asing. James merupakan pemain warganegara Amerika Serikat dan Andrea murni Prancis. Sedangkan Arthur justru Warga Negara Indonesia (WNI).

“Alasan pertama adalah ketiga pemain tersebut terlalu muda. Mereka masih punya waktu untuk berkembang,” kata Asisten Pelatih Timnas, Wolfgang Pikal saat dihubungi VIVAnews, Senin 11 Januari 2011.

“Kemampuan individu mereka, baik taktik maupun skillnya juga masih kurang. Mereka tidak lebih baik dari pemain-pemain lokal yang ada,” lanjutnya.

James, Arthur dan Andrea telah mengikuti seleksi bersama calon pemain timnas U-23 sejak Jumat, 7 Januari  2011. Mereka diundang untuk unjuk kemampuan di Lapangan Timnas ABC, Senayan, Jakarta bersama pemain lainnya.

Ketiga pemain tersebut memang masih tergolong muda. James dan Arthur masih berusia 19 tahun. Sedangkan Andrea yang kedua orangtuanya telah lama menetap di Bali baru berusia 18 tahun. (sj)

=======
Semua Pemain Legiun Asing Dicoret Riedl
Andrea Bitar, James Zaidan Saragih, dan Arthur Irawan dinyatakan tak lolos seleksi I.
MINGGU, 9 JANUARI 2011, 18:37 WIB

Zika Zakiya, Marco Tampubolon

James Zaidan Saragih (kiri) dan Andrea Bitar (tengah) mengikuti seleksi timnas (VIVAnews/ Muhamad Solihin)

VIVAnews – Status pemain legiun asing ternyata sama sekali bukan jaminan untuk masuk skuad Merah Putih. Pelatih Alfred Riedl mencoret seluruh pemain asing yang ikut seleksi pertama Timnas U-23: Andrea Bitar, James Zaidan Saragih, dan Arthur Irawan.

Ini berarti Bitar yang warga negara Perancis dan Saragih yang memegang paspor Amerika Serikat bakal batal dinaturalisasi. Sedangkan Arthur, yang merupakan WNI dan kini bermain di klub Inggris, Lytham Town, juga gagal memenuhi ambisinya memperkuat Timnas.

“Ketiganya terlalu muda dan tidak masuk. Pemain naturalisasi menurut saya harus lebih baik dari pemain asli Indonesia,” kata asisten pelatih Wolfgang Pikal dalam pesan singkat kepada para juru warta, Minggu, 9 Januari 2011. “Untuk semua pemain lokal dari seleksi pertama baru akan diambil keputusan tanggal 17 Januari 2011.”

Seleksi tahap pertama digelar 7-9 Januari 2011. Sedangkan seleksi tahap kedua dan ketiga digelar pada 11-13 Januari dan 15-17 Januari 2011. Seleksi tahap pertama dan kedua diprioritaskan untuk Pra Olimpiade 2012. Sedangkan seleksi terakhir untuk melengkapi skaud SEA Games 2011. (kd)

Advertisements
Posted in: sepakbola 3