Beri motivasi anak anda agar gemar sains

Posted on January 11, 2011

0


Kenapa demikian? sederhana saja, di jaman sekarang yang semuanya serba praktis dan pragmatis, tentu semua berhubungan dengan sesuatu yang sifatnya praktek dan itu berarti logika senantiasa penting bagi anak. Anak berlogika dan kritis dan masuk akal agar anak lebih didorong untuk belajar sains. Semua serba praktek dan bukan ilmu teori.

 

NINA FITRIAH

UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

 

PENDIDI KAN SAINS SEJAK DINI

 

Dalam dunia pendidikan sekarang ini, wawasan yang luas sangatlah dibutuhkan dalam pendidikan. Terutama di Indonesia, negara yang sumber daya manusianya masuk dalam 10 negara dengan berpenduduk terbanyak di dunia. Maka dari itu pendidikan sangatlah dibutuhkan dalam dunia ini.

 

Pe rkembangan yang sudah sangat maju sekarang ini sangatlah membutuhkan perhatian lebih di Indonesia. Untuk menunjang kemajuan negara dan bangsa Indonesia. Sekaligus menciptakan generasi-generasi penerus yang berpotensi besar untuk membangun dunia. Bukan hanya untuk membangun diri sendiri. Wawasan yang ditanamkan dan diajarkan sejak dini sangat memiliki arti penting kelak. Dalam hal ini Indonesia haruslah bisa lebih baik lagi dalam menangani pendidikan bagi anak-anak bangsanya.

 

Dalam proses pembelajaran yang baik dan terarah, para pendidik sebaiknya bisa lebih memahami dan mengerti pemikiran anak-anak di jaman sekarang ini. Para pendidik yang berkualitas adalah modal utama untuk membangun pemikiran anak didik untuk bisa lebih maju. Dengan metode-metode yang menarik dan dapat mengalihkan anak didik untuk bisa lebih berkreatifitas merupakan salah satu trik atau cara lain untuk menyempurnakan proses pembelajaran yang baik.

 

P embelajaran sains sejak dini juga sangatlah baik untuk proses kematangan berfikir seorang anak. Sains memiliki peran besar untuk kemajuan dunia. Bayangkan saja jika tidak ada pemahaman mendalam tentang sains. Ilmu tersebut tidak akan maju, malah akan memperlambat kemajuan intelektual para generasi muda. Ilmu sains juga berpengaruh besar terhadap kemajuan tingkat berfikir seseorang. Dengan memperdalam ilmu sains seseorang akan menemukan penemuan-penemuan baru yang kelak akan sangat berguna. Dengan pembelajaran sains seorang anak akan memiliki pola berfikir ilmiah pada otak kirinya. Jadi dalam prosesnya pembelajaran sains harus dibuat semenarik dan sesederhana sesuai usia.

 

Pembel ajaran sains membuka otak kiri untuk tetap berkreatifitas secara ilmiah. Proses pembelajaran sains memberikan kesan tersendiri bagi para anak didik. Mereka akan lebih luas lagi mengetahui tentang ilmu-ilmu sains. Mereka akan mencoba dan menerapkannya dalam kehidupan. Mereka akan menemkan hal-hal baru tentang sains. Itulah salah satu keunggulan pembelajaran sains sejak dini.

 

M embuat pembelajaran sains menjadi menarik merupakan salah satu ruang untuk anak didik menyerap sains dengan baik dan tepat. Tidak hanya mengetahui torinya tetapi juga mengetahui contoh-contoh konkret di kehidupan sehari-hari. Membuat percobaan sains tidak hanya dengan alat-alat yang mahal dan sulit didapatkan, dengan menggunakan alat-alat sederhana yang sering ditemui pun bisa membuat percobaan sains.Dengan alat sederhana yang sering dijumpai mereka bisa merangkai percobaan sendiri dirumah. Alat-alat sederhana itu membantu mereka untuk berkreatifitas. Maka mereka akan lebih mudah memahami teori yang diberikan para pendidik.

 

Pola pembelajaran sains seperti ini akan memberikan efek senang dalam belajar sains. Jadi mereka tidak perlu untuk mengatakan tidak bisa atau takut dengan sains. Karena mereka belajar sains dengan hati senang. Kesenangan inilah yang akan membantu mereka untuk membangun jiwa dan jati diri mereka terhadap keadaan globalisasi yang akan semakin maju.

Dalam prosesnya pembelajaran sains mungkin akan sulit diterapkan tetapi dengan tekat dan keuletan para pendidik, pola pembelajaran sains seperti ini pasti akan berhasil. Tanamkan dalam hati pendidik untuk bisa lebih memajukan generasi muda dalam membangun dunia. Para generasi muda ini masih butuh bimbingan dalam pola pembelajaran. Sehingga mereka tidak terjebak dalam dunia pergaulan yang tidak bermafaat. Ciptakan pemikiran tentang pembelajaran sains yang asik dan menarik pada generasi muda saat ini sebagai bekal untuk kehidupan kelak.

Tak ada salahnya, anda lebih sering mengajak anak anda berfikir tentang sains dan juga perlu membelikan berbagai ilmu sains. Minat itu akan berkembang seiring waktu nantinya.

 

Posted in: anak dan remaja