Gimana sepakbola mau maju, kalau urusan organisasinya belum beres

Posted on January 11, 2011

0


Iya. memang organisasi sangat menentukan kemajuan suatu bidang. Dengan organisasi yang rapi dan kuat, bidang tertentu akan mencapai hasil luar biasa ke depan dan bahkan bisa menjadi yang terdepan. Meski masih sebatas dugaan, tapi itu cukup menyakitkan. mengingat kita puluhan tahun berharap banyak dari sepakbola karena olah raga ini merupakan olah raga yang paling digemari sehingga wajar jika kemudian tuntutan tertinggi ada pada bola. Bukan mengabaikan olah raga lainnya, namun fakta bicara bahwa bola dianggap sebagai barometer prestasi olah raga kita. Karena itu kepengurusan bola juga akan menjadi acuan organisasi lain.

PSSI Diduga Korupsi Rp 720 M per Tahun
Selasa, 11 Januari 2011 | 00:21 WIB
TRIBUNNEWS.COM/BIAN HARNANSA
Perwakilan suporter Indonesia (kiri ke kanan), Henry Mulaydi, mantan Manajer Timnas Indonesia, IGK Manila, pengamat komunikasi politik, Efendi Ghazali dan koordinator ICW Danang Widyoko saat diskusi di kantor ICW, Jakarta,Sabtu (8/01/2011) Sabtu (8/1). Diskusi mengangkat tema Save Our Soccer mengkritisi dugaan korupsi di tubuh PSSI.

JAKARTA, KOMPAS.com – Indonesia Corruption Watch (ICW) mengeluarkan data atas dugaan korupsi dana APBN dan APBD di tubuh PSSI serta sejumlah klub Liga Super Indonesia (LSI). ICW menduga, dana yang dikorupsi setiap tahunnya mencapai Rp 720 miliar.

Angka itu dihitung dari dana yang disinyalir telah dikorupsi pengurus PSSI dan kepala daerah di seluruh wilayah Indonesia yang menjadi domisili klub sepak bola yang bernaung di bawah kompetisi PSSI. Sekadar informasi, terdapat sekitar 30 klub Divisi Utama dan 18 klub LSI yang bermain dalam kompetisi yang digelar PSSI setiap tahunnya.

“Total kerugian 720 miliar,” ujar peneliti muda ICW Apung Widadi kepada wartawan di Gedung KPK, Jakarta, Senin (10/1/2011).

Apung mengatakan, data dugaan korupsi PSSI tersebut sudah diserahkan ke KPK. “Untuk wilayah Semarang diperkirakan ada kerugian negara tahun 2004 hingga 2009 sebesar Rp 2,5 miliar,” ungkapnya.

Modus yang digunakan dalam korupsi PSSI beragam dan selalu berganti setiap tahunnya. Saat didesak untuk membuka data korupsi yang dilakukan PSSI di daerah lainnya, Apung enggan mengungkapnya.

Dia mengaku ICW akan terlebih dahulu melakukan studi kasus sebelum mengungkap data-data itu ke publik. “Kita akan lakukan studi kasus dugaan korupsi PSSI di 10 daerah lainnya,” ungkapnya.

Sumber : tribunnews.com

Nah, jangan bicara dulu tentang juara dunia dech sebelum organisasi dan  kepengurusannya diperbaiki. Kalau toh sudah dirombak, bicara dulu di tingkat Asia. Baru bicara di tingkat dunia. semua ada tahapannya dan semua ada prosesnya.
Posted in: sepakbola 3