Keputusan tepat kirim usia belia di Uruguay

Posted on January 11, 2011

0


Memang kita akui bahwa bakat-bakat bola di Amerika Latin luar biasa. Banyak negara di sana iklim bolanya sangat menonjol sehingga sering berprestasi di kancah dunia dan rata-rata memang demikian. dan kalau berhitung, mengirim pemain-pemain kita agar ikut berkompetisi di sana akan kian mengasah olah bolanya sehingga setidaknya setara dengan penampilan pemain Amerika Latin. Belum lagi, mengirim ke negara Amerika Latin lebih rendah budget yang dikeluarkan sehingga konsistensi program akan berkesinambungan.

SAD Siap Berkompetisi di Uruguay
Selasa, 11 Januari 2011 | 16:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sociedad Anonima Deportiva akhirnya mengumumkan hasil seleksi untuk mengikuti Uruguay Project 2011. SAD nantinya akan mengikuti dua kompetisi selama di Uruguay.

Manajer SAD Demis Djamaoeddin mengungkapkan, seleksi pemain Uruguay Project 2011 melibatkan lebih kurang 5.000 pemain muda kelahiran 1993, 1994, dan 1995. “Ini menjadi tahun keempat SAD bermain di Uruguay. Kami melakukan seleksi di seluruh Indonesia, seperti Medan, Padang, Palembang, Pangkal Pinang, Bandung, Jakarta, Semarang, Malang, Sidoarjo, Denpasar, Makassar, Ambon, dan Jayapura,” kata Demis kepada wartawan, Selasa (11/1/2011).

Selain melakukan seleksi, menurut Demis, pemain-pemain muda ini juga dipantau melalui pertandingan-pertandingan kelompok umur U-18 PSSI di tingkat wilayah. Demis menyatakan, semua pemain yang terpilih untuk mengikuti Uruguay Project 2011 telah melalui proses seleksi yang cukup panjang. Seleksi daerah yang dilakukan oleh pengurus provinsi PSSI dilanjutkan dengan proses seleksi tahap kedua dan seleksi terakhir yang langsung dipimpin oleh tim pelatih timnas SAD.

“Hasil tes selama seleksi kemudian dikombinasikan dengan hasil tes kesehatan yang tahun ini langsung dikirimkan ke Uruguay untuk menjadi referensi penentuan pemain,” ujar Demis.

Dari proses seleksi tersebut, terpilih 21 pemain baru. “Totalnya empat puluh pemain yang dibina pada tahun 2011. Sebanyak 19 pemain sudah tergabung pada tahun pembinaan sebelumnya, sementara sisanya merupakan pemain baru. Kebanyakan pemain baru merupakan jebolan timnas U-16,” tuturnya.

Keempat puluh pemain tersebut akan dibagi menjadi dua tim, yakni SAD U-19 dan SAD U-17. SAD U-19 nanti akan berlaga di kompetisi Cuarta. Adapun SAD U-17 akan mengikuti kompetisi Quinta. Semua kompetisi tersebut akan digelar 17 Februari. Rencananya SAD akan bertolak ke Uruguay pada 23 Januari nanti.

================

Uruguay Ingin Naturalisasi Syamsir Alam?
Selasa, 11 Januari 2011 | 15:45 WIB
KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

Pesepak bola, Syamsir Alam yang saat ini memperkuat klub asal Uruguay, Penarol mengikuti seleksi tim nasional U-23 di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Jumat (7/1/2011). Badan Tim Nasional (BTN) PSSI telah memanggil 84 pemain U-23 untuk mengikuti seleksi yang akan berlangsung hingga 14 Januari mendatang.Tim Nasional U-23 tersebut diproyeksikan akan tampil di SEA Games 2011 dan Pra-Olimpiade 2012.

JAKARTA, KOMPAS.com – Uruguay berniat menaturalisasi pemain muda Indonesia, Syamsir Alam. Meski baru sebatas wacana, bukan tidak mungkin hal itu terlaksana.

Manajer Sociedad Anonima Deportiva (SAD), Demis Djamaoeddin, mengungkapkan hal tersebut setelah mendengar langsung wacana naturalisasi itu dari kuasa hukum SAD. Syamsir yang dilahirkan di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, merupakan salah satu pemain yang berlatih selama tiga tahun bersama SAD di Uruguay.

“Pemerintah Uruguay memang memiliki wacana menaturalisasi pemain asing yang sudah tiga tahun berkompetisi di Uruguay,” kata Demis, Selasa (11/1/2011).

Demis menambahkan, ada 15 pemain yang sudah mengikuti kompetisi SAD selama tiga tahun termasuk Syamsir Alam. Berdasarkan ketentuan setempat, pemain-pemain tersebut bisa dinaturalisasi oleh Uruguay. “Ini masih wacana. Soal Syamsir terlalu dini. Saat tiba di Uruguay, saya akan berbicara dengan pihak Federasi Uruguay,” jelas Demis.

“Kalau pendapat pribadi, naturalisasi merupakan hak pemain. Pokoknya terserah kepada pemain,” lanjut Demis.

Saat ini PSSI telah membentuk tim SAD Indonesia untuk program Uruguay Project 2011. Tim ini akan dibagi dalam dua kelompok yakni SAD usia di bawah 19 tahun (U-19) dan di bawah 17 tahun (U-17). SAD U-19 akan berlaga di kompetisi Cuarta, sedangkan SAD U-17 akan mengikuti kompetisi Quinta. Kedua kompetisi tersebut akan bergulir mulai 17 Februari mendatang.

 

 

 

 

Posted in: sepakbola 3