Mengotak-atik setting waktu di wordpress

Posted on January 11, 2011

0


cukup membantu mengingat kita tidak tahu berada di wilayah Indonesia mana?

Set Waktu di WordPress

 

Awal-awal menggunakan WordPress, saya bingung kenapa waktu yang ditampilkan di postingan saya berbeda dengan waktu saya memposting. Misalnya saya post jam 10 malam, tapi di postingan ditulis bahwa post itu diposting jam 3 sore. Dan kalau saya post tanggal 10 jam 3 subuh, di postingan ditulisnya tanggal 9 :( Ternyata masalahnya ada di setingan waktu di menu Options-nya WordPress.

Kalau anda masuk menu Options di admin WordPress anda, di bawah General Options itu ada setingan Date and Time. Nah, defaultnya, WordPress menggunakan waktu UTC. Saya juga gak ngerti apa itu UTC, GMT dan sebagainya, tapi yang pasti, buat Waktu Indonesia Barat (WIB), isikan angka 7 di textbox sebelah Times in the blog should differ by:.

Kenapa angka 7? Karena saya ada di Bandung yang menggunakan waktu WIB dan karena kalau saya bandingkan waktu UTC (yang bisa dilihat di atas tulisan Times in the blog should differ by: tadi) dengan waktu Bandung, ternyata Bandung lebih cepat 7 jam :D Jadi kalau waktu di tempat anda lebih lambat 7 jam, berarti isi dengan -7 (minus tujuh).

WordPress Time and Date Option

Kemudian klik Update Options. Dan selesai! Mulai sekarang postingan dan komentar-komentar di blog anda akan menggunakan waktu yang sesungguhnya:thumb2:

Oh ya, penasaran aja, kalo WITA itu +1 atau -1 dari WIB ya? :ask: Maklum ilmu geografi saya kurang bagus :blush: