Hah..amplaz (Ambarukmo Plaza) kebakaran

Posted on January 12, 2011

0


Waktu sedang duduk-duduk di rumah, tetanggaku yang biasa nongkrong di rumahku bilang, “heh..bangun..ngga tau apa, kalau amplaz terbakar.” dan biasa sambil santai kujawab, “Masak Sih?” dan hari itu juga pas lagi buka FB, rupanya temenku ada juga yang update status dan bilang kalau emang amplaz terbakar.

Dua Pleton Polisi Amankan Plaza Ambarukmo
Penjagaan dilakukan karena ratusan gerai belum sempat ditutup pemiliknya.
SELASA, 11 JANUARI 2011, 23:05 WIB

Eko Priliawito

 

Polisi bertugas melindungi (VIVAnews/Maryadie)

VIVAnews – Pasca kebakaran yang melanda Ambarukmo Plaza Yogyakarta, Selasa petang, dua pleton personel polisi disiagakan untuk menjaga pusat belanja terbesar di Yogyakarta itu.

Penjagaan dilakukan karena ratusan gerai belum sempat ditutup pemiliknya ketika kebakaran terjadi sore jelang malam tadi.

“Polisi dan petugas keamanan mal berjaga di setiap gerai yang masih buka, api sudah bisa dipadamkan. Sekarang jangan sampai ada yang kehilangan barang dagangan,” kata Kapolda DIY, Brigadir Jenderal Ondang Sutarsa BS, saat ditemui di lokasi kejadian, Selasa malam, 11 Januari 2011.

Kapolda menjelaskan, kebakaran berawal dari gudang pakaian milik gerai Planet Surf di lantai tiga mal Ambarukmo Plaza. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, hanya saja ada beberapa orang yang mengalami sesak nafas dan pingsan. Seluruh korban telah diberi bantuan oksigen, dan kondisinya kini sudah pulih.

Petugas keamanan dari pihak mal, polisi, petugas pemadam kebaran, dan petugas dari Palang Merah Indonesia telah menyisir seluruh gerai di mal teraebut dan dipastikan tidak ada orang yang masih terjebak.

Tim Labfor Mabes Polri cabang Semarang akan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara besok pagi, Rabu 12 Januari 2011.

Sementara ini, mal masih harus ditutup termasuk gedung bioskop dan hiburan malam yang berada di lantai 5 mal tersebut.

“Untuk besok, kami masih harus melihat kondisi, apakah sudah bisa buka atau belum, sebab ada beberapa titik ruangan yang didobrak untuk pemadaman api,” kata dia.

Hingga kini belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran. Apakah ada unsur kesengajaan atau arus pendek listrik dan sebab lain. Pihaknya akan menunggu hasil penyelidikan tim forensik.

Menurut Sudarsono Kepala Penanggulangan Kebakaran, Bencana dan Perlindungan Masyarakat Kota Yogyakarta yang berada di lokasi, sistem keamanan penanggulangan kebakaran mal tersebut sudah bagus. Seluruh hydran berfungsi dan setiap gerai memiliki pemadam kebakaran sederhana.

Laporan: Erick Tanjung| Yogyakarta

 

================

Api di Ambarukmo Plasa dari Lantai Dua
Petugas masih berusaha memadamkan titik api yang barada di lantai dua.
SELASA, 11 JANUARI 2011, 19:39 WIB

Eko Priliawito

Pemadam Kebakaran (Antara/Eric Ireng)
VIVAnews – Api yang membakar pusat perbelanjaan Ambarukmo Plaza, Jalan Adi Sucipto, Yogyakarta, diduga berasal dari outlet yang berada di lantai dua.

Kebakaran itu membesar sekitar pukul 17.00 WIB, saat kondisi mal ramai. Asap yang mengepul dengan cepat memenuhi pusat belanja dan membuat panik.

“Saya lihat api jam 17.00 WIB, asapnya dari lantai atas dan menyebar ke lantai dasar. Tapi tidak terlihat api,” ujar Yudi seorang pegawai makanan cepat saji, Selasa 11 Januari 2010.

Peni Saraswati, karyawan di gerai pakaian menjelaskan, asap meluas dan membuat pandangan tertutup. Banyak karyawan, khususnya yang berada di lantai dua lari berhamburan.

Kejadian ini juga membuat pengunjung ikut lari menyelamatkan diri, meski ada dari mereka yang tidak mengetahui apa yang sedang terjadi.

Delapan unit mobil kebakaran dari Kabupaten Sleman, Bantul, dan kota Yogyakarta dikerahkan. Bahkan, satu mobil penyemprot milik polisi yang biasanya digunakan menyemprot pengunjuk rasa ikut digunakan untuk memadamkan api.

Hingga satu jam lebih, asap masih keluar dari dalam gedung. Jalan dari arah barat ditutup karena banyak pegawai dan pengunjung yang berada di sekitar gedung. Sejumlah kendaraan pemadam kebakaran dan polisi telihat masih mondar-mandir di jalan tersebut.

Sudarsono, Kepala Penannggulangan Kebakaran, Bencana dan Perlindungan Masyarakat Kota yang berada di lokasi menyatakaan, ada beberapa titik api. Saat ini tinggal satu titik api yang masih menyala.

“Kami masih mengkondisikan dan memadamkan titik api, sampai saat ini belum ada korban,” kata dia.

Laporan: Erick Tanjung| Yogyakarta

===================
Ambarukmo Plaza Yogyakarta Terbakar
Keterangan salah satu petugas keamanan, api mulai terlihat jam 5 sore dari lantai dua.
SELASA, 11 JANUARI 2011, 18:30 WIB

Ita Lismawati F. Malau

Ilustrasi kebakaran (AP Photo)

VIVAnews – Pusat perbelanjaan besar di Yogyakarta, Ambarakumo Plaza (Amplas), terbakar sore tadi. Api diduga berasal dari lantai dua.

Pantauan VIVAnews, Selasa 11 Januari 2011, dua unit mobil pemadam kebakaran sudah tiba di lokasi kebakaran, Jalan Laksda Adi Sucipto, Yogyakarta. Asap hitam tampak keluar dari pintu masuk parkiran mobil di barat plaza.

“Api pertama kali terlihat jam 5 sore tadi,” kata salah satu petugas keamanan Ambarukmo Plaza, Dani. Lebih lanjut dia mengatakan api pertama kali terlihat dari kios Planet Surf di lantai dua.

Dia menambahkan seluruh pengunjung dan pegawai di Ambarukmo telah dievakuasi. Sejumlah petugas pemadam kebakaran mulai masuk ke dalam plaza untuk menjinakkan si jago merah.

Kebakaran ini pun menjadi tontonan puluhan warga. Belum diketahui mengenai korban dan jumlah kerugian dari kebakaran ini. (sj)

Laporan: Erick Tanjung | Yogyakarta

 

==================

ya dech besok aku naik sepeda sambil isi pulsa mengitari Amplaz sekalian. Parah ngga yach? ya, soalnya kadang kalau temenku pas lagi bete, biasanya sih ngajak baca-baca buku atau lihat-lihat atau kadang makan di sana.


Posted in: berita 3