Tersisa satu pemain naturalisasi untuk seleksi timnas Indonesia dan itupun meragukan

Posted on January 12, 2011

0


Nampaknya, seleksi yang ketat perekrutan pemain Timnas Indonesia, cukup serius. Jaminan bahwa kemampuan pemain legiun asing lebih unggul dibandingkan dengan pemain lokal tidak terbukti. Kini tinggal satu pemain naturalisasi dan itu juga masih diragukan. Cedera paha menjadi tanda tanya prospeknya bergabung dengan pemain timnas.

Nasib Ruben Masih Simpang Siur
Rabu, 12 Januari 2011 | 13:48 WIB
Ferril Dennys
Ruben Wuarbanaran

JAKARTA, KOMPAS.com – Berstatus sebagai pemain keturunan Indonesia-Belanda tidak berarti peluang Ruben Warbanaran membela tim nasional U-23 terbuka lebar. Pasalnya, pelatih Alfred Riedl enggan membeberkan peluang Ruben membela pasukan “Merah Putih”. Dari 30 pemain yang mengikuti seleksi tahap kedua, Ruben menjadi satu-satunya pemain impor.

Sayangnya, gelandang FC Den Bosch ini belum bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya setelah mengalami cedera pada seleksi yang digelar Selasa (11/1/2011) sore. Riedl yang telah mengumumkan delapan pemain lolos seleksi pada tahap ini, enggan membeberkan soal peluang Ruben memperkuat timnas U-23.

“Saya tidak tahu karena dia masih cedera saat ini. Kami masih harus mengetahui kondisinya. Saya sudah bilang kepada dia apa yang akan terjadi pada tahun ini termasuk soal pelatnas panjang dan training di Austria. Pemain harus menunjukkan keinginannya karena pelatnas panjang akan digelar dari pertengahan Maret sampai November nanti,” kata Riedl kepada wartawan usai memimpin seleksi, Rabu (12/1/2011).

Sementara itu, Asisten Pelatih Wolfgang Pikal, menyatakan, pihaknya sudah memiliki penilaian soal lolos atau tidaknya Ruben. “Mudah-mudahan, dia bisa latihan pagi besok. Kami sudah punya gambaran. Riedl juga telah memiliki gambaran. Namun, Ruben mudah-mudahan sudag bisa berlatih. Dia mengalami cedera pangkal paha,” tukas Pikal.

Seperti yang diketahui, Timnas U-23 saat ini sedang menjalani proses seleksi tiga tahap. Seleksi tahap pertama dan kedua akan menghasilkan pemain yang akan tampil di Pra Olimpiade 2011 dan tahap ketiga untuk SEA Games 2011. Proses seleksi sudah masuk tahap kedua yang mulai digelar hari ini hingga Kamis (13/1/2011), dan akan menghasilkan 25 pemain terpilih. Selanjutnya sepuluh dari 25 pemain tersebut berhak tampil d SEA Games 2011 bersama pemain hasil seleksi tahap ketiga yang dilaksanakan pada 15 hingga 17 Januari.

===============

TIMNAS U-23
Cedera, Ruben Jalani Latihan Terpisah
Rabu, 12 Januari 2011 | 10:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemain keturunan Indonesia-Belanda Ruben Wuarbanaran harus menjalani latihan terpisah saat menjalani seleksi tahap kedua tim nasional (timnas) U-23, Rabu (12/1/2011) pagi.

Pemain FC Den Bosch itu menjadi satu-satunya pemain keturunan yang diundang dalam seleksi timnas U-23. Sayang, ia mengalami cedera usai mengikuti seleksi, Selasa (11/1/2011) sore. Diduga pemain berusia 20 tahun itu mengalami cedera paha.

Kondisi Ruben terlihat belum pulih harus menjalani latihan terpisah. Ia hanya berlari-lari kecil dengan didampingi tim fisioterapis. Sementara itu, pemain-pemain lain dibagi kedalam kedua kelompok. Kelompok pertama berlatih finishing di depan gawang. Adapun kelompok lain menjalani latih tanding. Hingga berita ini diturunkan, proses seleksi masih berlanjut.

Pesepak bola keturunan Belanda, Ruben Wuarbanaran (tengah), berlatih dalam seleksi timnas Indonesia gelombang kedua di lapangan PSSI, Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (11/1/2011). Alfred Riedl kembali menyeleksi pemain untuk memperkuat timnas U-23 yang akan berlaga dalam Sea Games 2011 di Indonesia.

Posted in: sepakbola 3