Produk properti inovatif ramah lingkungan dan sehat

Posted on January 15, 2011

0


Sungguh luar biasa dan inovatif karena rumah yang bisa dipenuhi cahaya atau sinar matahari akan banyak menyehatkan penghuninya. Nah, ternyata seorang arsitek mampu menemukan bahan semen yang mampu menghadirkan sinar matahari di dalam ruangan yang tentunya  baik untuk kesehatan.

Arsitek Temukan Semen Transparan
Didesain ramah lingkungan, semen mampu mengurangi kebutuhan cahaya buatan dalam ruangan.
RABU, 12 JANUARI 2011, 17:16 WIB

Muhammad Firman

Gedung yang memanfaatkan semen transparan, mampu memanfaatkan cahaya dari luar. (discovery.com)
VIVAnews – Giampaolo Imbrighi, seorang arsitek asal Italia berhasil menciptakan tipe semen yang inovatif. Bukannya memblokir cahaya, i.light, nama semen buatannya itu, mampu meloloskan cahaya dari luar agar masuk ke gedung.

Didesain agar ramah lingkungan, semen ini mampu mengurangi kebutuhan cahaya buatan di dalam ruangan. Dari jauh, semen tampak seperti membentuk dinding biasa. Akan tetapi, dari dekat, ternyata terlihat bahwa dinding itu terdiri dari slot-slot persegi panjang berukuran 2 sampai 3 milimeter yang dipenuhi oleh getah berbagai warna.

Slot-slot inilah yang memungkinkan cahaya menembus dan membuat semen itu menjadi transparan sekitar 20 persen. Akhirnya, seperti dikutip dari Unthinkable, 12 Januari 2011, seluruh bagian dinding yang menggunakan semen itu menjadi seperti jendela.

Diciptakan oleh arsitek Italia dan diproduksi oleh para peneliti di kelompok Italcementi, bahan ciptaan Imbrighi itu pertama kali diperlihatkan pada publik pada Shanghai World Expo dan digunakan untuk membangun “Pavilion Italia.”

Sekitar 40 persen dari bangunan setinggi 18 meter itu menggunakan material buatan Imbrighi. Secara total, 3.774 panel dan 189 ton produk semen transparan itu digunakan. Saat ini semen itu sedang dalam proses pendaftaran paten. Belum diketahui apakah semen yang bersangkutan akan tersedia secara global. (hs)

Terus terang, banyak rumah di Indonesia memang dibangun asal jadi. Bahkan terkadang ada rumah yang sejak dulu tanpa ada cahaya sama sekali sehingga tentunya tidak bagus untuk kesehatan.
Posted in: properti