Saatnya ketat energi, termasuk LED tv, yang dirancang hemat energi

Posted on January 19, 2011

2


Mungkin teknologi sekarang kian canggih dan kian ramah lingkungan, dan juga kesehatan. Kalau pake LED TV, ternyata mata jadi tidak terlalu tegang atau mudah lelah  dibandingkan dengan TV keluaran lama, juga yang tidak kalah penting, hemat listrik, sehingga bisa irit biaya juga, dan lebih-lebih bentuknya tipis dan ringan, di samping enak dilihat dan ringan dibawa.

Memilih Televisi

Pakai LED TV, Benarkah Lebih Hemat Energi?

Selasa, 18 Januari 2011 | 18:52 WIB

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
Salah satu toko yang menjual televisi di pusat penjualan alat elektronik Pasar Glodok, Jakarta Pusat, Senin (13/10/2010).

KOMPAS.com – Salah satu jargon yang selalu diusung oleh produsen TV yang menggunakan layar LED (light emitting diode) adalah soal hemat energi. Diklaim, LED TV merupakan jenis televisi yang paling hemat dibandingkan dengan televisi lain yang beredar saat ini, mulai TV tabung, plasma, maupun LCD (liquid crystal display). Benarkah demikian?

Dilihat dari sudut pandang teknologinya, menurut ahli elektronika dari Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Masyuri, teknologi TV LED memang jauh lebih hemat. “Penghematan dayanya bisa sangat signifikan,” katanya.

Jika dibandingkan dengan TV tabung, LED mampu menghemat daya hingga 50 persen. Sementara, jika dibandingkan dengan LCD TV, LED TV bisa menghemat daya 20-30 persen. Hal itu disebabkan LED TV menggunakan pencahayaan dari LED yang mengkonsumsi daya lebih rendah.

Namun, Masyuri mengatakan bahwa konsumsi energi LED TV tidak bisa begitu saja dibandingkan secara mutlak. Tren yang berkembang di masyarakat seputar pemilihan ukuran televisi juga perlu dilihat. Sekarang, kalau orang membeli LED TV, mereka memang membeli yang berukuran besar.

“Nah, sekarang dilihat kalau membeli LED TV ukuran 42 inci, ini kan konsumsi energinya hampir sama dengan TV tabung ukurang 14 inci, bahkan mungkin lebih. Jadi, LED TV ini bisa cuma perubahan tren orang saja dalam memilih televisi,” lanjutnya.

Selain itu, harga TV LED pun masih lebih mahal ketimbang televisi jenis lainnya. Namun, hal tersebut akan terbayar dengan kualitas gambar yang lebih cemerlang. Dengan LED, detail gambar bisa lebih bagus daripada jenis televisi lainnya.

Masyuri menekankan, hal yang terpenting dalam memilih televisi adalah melihat informasi yang tertera di kemasan televisi, utamanya adalah soal daya yang dibutuhkan. Masyuri juga menekankan perlunya menggunakan televisi secara efektif, misalnya dengan mematikannya bila tak ditonton.

Mungkin karena itu, semuanya komplit dari berbagai segi, dan teknologi seperti inilah yang nantinya memenangkan pasar dan merebut hati konsumen.

 

Posted in: elektronik