Laporan menunjukkan pertumbuhan Cina terlalu pesat

Posted on January 20, 2011

0


Melihat bagaimana kekuatan ekonomi dan militer Cina yang mampu mengimbangi Amerika Serikat. Tentu kita perlu lebih tahu sedikit bagaimana laporan pertumbuhan Cina belakangan ini. Setidaknya memberi ruang bagi kita untuk berfikir ke depan, apa yang sepantasnya bangsa Indonesia lakukan agar lebih maju dan pesat pertumbuhannya.
PEREKONOMIAN
Pertumbuhan China Terlalu “Panas”
Penulis : Josephus Primus | Editor : Josephus Primus
Rabu, 19 Januari 2011 | 21:06 WIB
ReutersGirls wearing cosplay outfits take a break in between performances during the 8th annual China Digital Entertainment Expo and Conference (ChinaJoy) in Shanghai July 30, 2010.

BEIJING, KOMPAS.com — Ekonomi China tumbuh “panas” 10,3 persen tahun lalu. Inflasi melampaui target setahun penuh pemerintah.Phoenix Television yang berbasis di Hongkong mengatakan hal tersebut di situsnya, Rabu (19/1/2011).

Lembaga penyiaran itu mengutip sumber tanpa nama bank sentral yang mengatakan angka-angka telah “bocor” sehari sebelum pemerintah akan merilis data kunci ekonomi untuk Desember dan untuk 2010.

Pertumbuhan produk domestik bruto dibandingkan dengan revisi kenaikan 9,2 persen pada 2009 yang menandai ekspansi tahunan tercepat sejak awal krisis keuangan global menantang Beijing untuk mendinginkan perekonomian.

Para analis telah memperkirakan bahwa tahun lalu ekonomi kedua terbesar di dunia itu tumbuh sekitar 10 persen karena didukung permintaan yang kuat untuk ekspor China dan investasi besar-besaran di sektor properti.

Indeks harga konsumen China, ukuran utama dari inflasi, naik 3,3 persen dari tahun sebelumnya selama 12 bulan. Angka ini melampaui target setahun penuh Beijing tiga persen karena biaya makanan melonjak, kata laporan itu. Namun, inflasi Desember melambat menjadi 4,6 persen tahun ke tahun (YoY) dibandingkan dengan 5,1 persen pada November, yang merupakan laju tercepat dalam lebih dari dua tahun.

Indeks harga produsen, yang mengukur biaya barang di gerbang pabrik, naik 5,9 persen selama setahun, karena produsen lulus pada lonjakan biaya komoditas global.

Beijing telah berusaha memperlambat ekonomi dan membawa inflasi di bawah kontrol di tengah kekhawatiran bahwa melonjaknya biaya makanan dan properti menegangkan anggaran rumah tangga dan mengancam memicu kerusuhan sosial.

Analis menyalahkan langkah-langkah stimulus besar pemerintah selama dua tahun untuk memerangi krisis keuangan untuk membanjiri pasar dengan likuiditas, yang pada gilirannya telah menyebabkan kenaikan harga perumahan dan inflasi.

Pihak berwenang telah mengambil langkah pengulangan untuk mematikan keran pinjaman bank yang melihat kredit baru hampir dua kali lipat sebesar 9,6 triliun yuan pada 2009 karena bank mengindahkan seruan pemerintah untuk memacu perekonomian di tengah penurunan.

Bank sentral pada Jumat memerintahkan lagi bank-bank untuk meningkatkan jumlah uang mereka yang dipertahankan sebagai cadangan, efektif meletakkan penutup pada pinjaman, setelah menaikkan suku bunga untuk kedua kalinya sejak Oktober.

Para pembuat kebijakan bertujuan memangkas pinjaman baru untuk 2011 sebesar 10 persen dari tahun lalu, media pemerintah melaporkan Selasa, setelah kredit baru pada 2010 mencapai 7,95 triliun yuan, melebihi target resmi 7,5 triliun yuan.

Harga properti tetap tinggi meskipun berbagai tindakan pemerintah seperti menaikkan uang muka minimum pada transaksi properti untuk setidaknya 30 persen merupakan upaya menghindari gelembung harga yang merusak. Data lain akan dirilis oleh Biro Statistik Nasional pada Kamis termasuk investasi aset tetap, produksi industri, dan penjualan ritel.

Dikit-dikit tahu bolehlah. Lagipula ngga ngerti-ngerti amat. Namanya juga info sekilas.

 

Posted in: berita 4