Mulai belajar bagaimana menggunakan WIndows Live Writer, mulai dari install/instalasi sampai penggunaan secara online

Posted on January 20, 2011

2


awalnya semua itu berlangsung seketika. saya sedikit gundah mengingat banyak blog yang saya buat. kadang saya mesti buka satu per satu. sehingga cukup merepotkan. saya mulai berfikir saya akan banyak kehilangan waktu, karena itu ada beberapa yang pernah bilang. kenapa tidak coba bikin blog offline aja terus dengan software yang bisa posting ke blog kita tanpa perlu membuka blog. apa benar demikian dan akhirnya kutemukan Windows LIve Writer. benar ada, bisa kupostingkan ke blog-blog iseng-iseng yang saya buat. nah, kita bisa sambil sama-sama mempelajarinya. yuk!!

Bagaimana Cara Mendapatkan dan Menginstall Windows Live Writer

  1. Silahkan anda download terlebih dahulu file Installer disini(1.18Mb)
  2. Setelah itu anda cari tombol Download Now, di sebelah kiri tombol tersebut anda bisa memilih bahasa apa yang akan digunakan. Tapi saya tetap memilih bahasa defaultnya English. Setelah itu anda tekan tombol Download Now.
  3. windows live writer1 Apa Itu Windows Live Writer, Bagaimana Cara Menginstallnya, dan Apa Fungsinya ?

  4. Setelah selesai anda download, klik installer wlsetup-web.exe (dengan koneksi internet).
  5. Setelah prosesn installasi mulai, anda akan diminta memilih aplikasi apa saja yang akan anda installkan. Saran saya, centang Writer saja yang lain kosongkan. Karena sebagian dari aplikasi-aplikasi tersebut sudah pasti terinstall ketika pertama kali menginstallkan windows (XP).
  6. windows live writer3 Apa Itu Windows Live Writer, Bagaimana Cara Menginstallnya, dan Apa Fungsinya ?

  7. Klik tombol install, kemudian proses installasi akan di mulai, agak memakan waktu sedikit sekitar 5 menit karena proses installasi dibarengi dengan mendownload file-file pelengkapnya.
  8. windows live writer4 Apa Itu Windows Live Writer, Bagaimana Cara Menginstallnya, dan Apa Fungsinya ?

  9. Setelah proses installasi selesai, silahkan buka aplikasi melalui Start » Windows Live » Windows Live Writer. Bila ini kali pertama anda membuka aplikasi ini, maka anda akan di minta untuk mengkonfigurasi aplikasi dan blog anda. Silahkan klik tombol next
  10. windows live writer5 Apa Itu Windows Live Writer, Bagaimana Cara Menginstallnya, dan Apa Fungsinya ?

  11. Dihalaman berikutnya anda akan di tanya, menggunakan platform apakah blog anda. Silahkan centang Other Blog Service
  12. windows live writer6 Apa Itu Windows Live Writer, Bagaimana Cara Menginstallnya, dan Apa Fungsinya ?

  13. Kemudian anda akan diminta memasukan url/alamat blog anda beserta username dan passwordnya. Tapi sebelum anda mengisi semuanya, bagi pengguna wordpress anda harus login ke dashboard terlebih dahulu. Masuk ke Settings » Writing scroll ke bawah, centang XML-RPC. Setelah itu anda bisa mengisi form yang meminta anda memasukan url, username dan password.
  14. live writer Apa Itu Windows Live Writer, Bagaimana Cara Menginstallnya, dan Apa Fungsinya ?

    windows live writer7 Apa Itu Windows Live Writer, Bagaimana Cara Menginstallnya, dan Apa Fungsinya ?

  15. Silahkan tunggu sebentar, karena proses konfigurasi sedang berjalan. Sebelum proses selesai, akan muncul pertanyaan untuk anda. Apakah anda ingin aplikasi windows live writer ini mendeteksi template anda, sehingga ketika anda meng-klik preview ketika sedang membuat postingan, akan terlihat seperti online. Bila anda mengklik tombol yes, maka sekitar 1-2 menit akan muncul artikel baru pada blog anda dengan judulTEMPORARY POST USED FOR THEME DETECTION, tapi entah sama dengan anda atau tidak, yang pasti saya melihat judul tersebut. Tapi hilang dalam beberapa menit saja seiring dengan selesainya proses konfigurasi.
  16. windows live writer8 Apa Itu Windows Live Writer, Bagaimana Cara Menginstallnya, dan Apa Fungsinya ?

Oke sekarang anda sudah bisa menggunakan aplikasi ini, nanti setelah saya selesai mempelajari isi/fasilitas dari aplikasi ini saya akan mencoba untuk menulisnya, siapa tahu anda belum bisa memaksimalkan fungsi dari aplikasi ini.

nah, cukup jelas bukan penjelasan di atas. kebetulan waktu menyusun ini saya belum pernah coba. karena itu, kita  sama- sama coba yuk…nanti kalau udah ada yang bisa..jangan lupa kalau  saya belum paham dikasih penjelasan.