Dapatkan Tips Lain Membuat Postingan Lebih Menarik

Posted on January 24, 2011

0


writer2

Kata Milan Kundera, penulis pemula itu menjiplak, penulis pintar itu mencuri. Sehingga santai saja ketika tulisan Anda dijiplak, meski tanpa menyebutkan link atau sumbernya). Anggap saja penjiplak itu baru saja belajar menulis. Mungkin ada beberapa blogger yang pernah melakukannya?

Daripada ngedumel tak jelas, lebih baik membuat postingan baru yang lebih menarik.  lepas dari tema, teknik menyampaikan dan sudut pandang ada tips untuk membuat sebuah postingan lebih menarik dan “beda”. tips ini sering dipakai oleh blogger-blogger keren.

* to the point. menulis langsung dari tengah. lupakan semua teori menulis yang pernah Anda baca. Tak perlu berbasi-basi, itu hanya akan membuat perut pembaca mual-mual.

* Andai suka, gunakan metafora yang fresh, yang belum pernah di pakai orang. Metafora mengisyaratkan kecemerlangan berfikir. Dan memberi kesempatan pembaca untuk menafsirkan dan memilih banyak kemungkinan arti.

* Jangan pernah memakai kata-kata penat yang sudah jutaan kali dipakai orang: bahwasanya, dalam rangka, pasalnya dan seterusnya.

* satu dua kata, gunakan kata-kata “asing” yang diambil dari tesaurus bahasa indonesia. Ini perlu karena Anda akan tampak sebagai penulis lincah yang punya gudang database kosa kata melimpah.

Ini sekaligus memperkenalkan kosa-kata baru untuk pembaca. Namun harus hati-hati. Postingan yang menarik bukanlah kumpulan kata-kata archaik yang harus membuka tesaurus.

* Pakailah kalimat-kalimat yang pernah dipakai orang-orang besar, politikus, sastrawan, agamawan, sejarahwan atau pengelana. Namun ubahlah. Tak apa-apa ini bukan pelanggaran hak cipta.

* Jangan melupakan detail, namun secukupnya saja jangan sampai berlarat-larat.

Menulis itu memang sulit, kata Budi Darma. Masih kata dia, kesulitan itu bersumber pada kurangnya penulis berpikir kritis. Sehingga dengan sendirinya tak mampu mengidentifikasi dan memilah persoalan yang mengakibatkan daya analisanya kurang baik. Sehingga persepsinya kabur. (bahasa, sastra dan budi darma (hal 4)

Tak ada cara lain untuk menjadi penulis keren selain berlatih. Jadi mari kita posting lagi.