Ada lagi pemain naturalisasi akhirnya tergabung timnas, Jordy de Kat

Posted on January 25, 2011

0


Kita ingat dulu tiga pemain naturalisasi tercoret dari daftar. Artinya memang cukup ketat agar bisa masuk ke timnas.  Jordy de Kat dengan kondisi perubahan cuaca mampu mengimbangi dan bermain  bagus sehingga sangat berpeluang menjadi bagian dari timnas U-23.

Riedl Terkesan Permainan Jordy de Kat
Meski memuji Jordy, Riedl tak ingin gegabah dalam memutuskan nasib pemain tersebut.
SELASA, 25 JANUARI 2011, 09:40 WIB

Amril Amarullah, Marco Tampubolon

 

Jordy De Kat (VIVAnews/ Muhamad Solihin)

VIVAnews – Pelatih Timnas U-23, Alfred Riedl memuji permainan Jordy de Kat, pemain ‘impor’ asal Belanda. Pemain Top Oss (klub Divisi I Belanda) itu tampil pada latihan timnas U-23 yang digelar di Lapangan Timnas, Senayan, kemarin sore.

“Jordy tampil impresif. Dan jangan lupa dia baru saja datang dan masih jetlag, tapi dia tampil impresif pada latihan,” kata Riedl kepada wartawan.

Saat mengikuti game, pemain kelahiran 10 Januari 1990 itu juga menampilkan permainan yang taktis dan memiliki tendangan yang keras dan akurat.

Jordy yang biasanya bermain di posisi striker, ditempatkan sedikit lebih ke tengah. Meski demikian, Jordy tetap tampil baik saat menyerang maupun dalam membagi bola ke pemain lain.

Meski dipuji, bukan berarti Jordy bisa langsung lolos, apalagi pelatih asal Austria itu tak ingin gegabah dalam memutuskan nasib pemain tersebut, dan masih butuh beberapa hari lagi untuk menilai permainan pemain berpostur 173 cm itu.

“Kalau ingin melihat apakah dia (Jordy) bisa membantu atau tidak baru bisa dilihat dalam beberapa hari ke depan,” ujar Riedl.

Kendati demikian, pemain asal Belanda itu, bersedia menjadi Warga Negara Indonesia bila dipilih masuk timnas U-23. Jordy juga bersedia bila diwajibkan mengikuti pelatnas jangka panjang.

Jordy sendiri mengaku tertarik bergabung dengan timnas U-23. Apalagi dia sudah mendapat lampu hijau dari kedua orang tuanya untuk menentukan kewarganegaraannya.

“Saya senang bermain di Indonesia. Kalau terpilih menjadi pemain timnas, saya siap melepas paspor Belanda saya,” kata Jorgy kepada wartawan dengan bahasa Indonesia seadanya. Jordy telah mengikuti latihan timnas U-23, sejak Senin sore, 24 Januari 2011. (sj)

================

Masuk Timnas, Jordy de Kat Siap Jadi WNI
Pemain berusia 21 tahun itu langsung menarik perhatian pelatih Alfred Riedl.
SELASA, 25 JANUARI 2011, 08:57 WIB

Toto Pribadi, Marco Tampubolon

Jordy de Kat (VIVAnews/ Muhamad Solihin)
VIVAnews – Pemain asal Belanda, Jordy de Kat, menyatakan bersedia menjadi warga negara Indonesia bila dipilih masuk Timnas U-23. Jordy juga siap bila diwajibkan mengikuti program pelatnas jangka panjang.

Jordy telah mengikuti latihan Timnas U-23, sejak Senin sore, 24 Januari 2011. Meski masih mengalami jetlag, pemain berusia 21 tahun itu langsung menarik perhatian pelatih Alfred Riedl.

“Dia (Jordy) tampil impresif. Dia masih jetlag, tapi sejauh ini penampilannya cukup meyakinkan,” kata Riedl kepada wartawan, di Lapangan Timnas, Senayan.

Jordy sendiri mengaku tertarik bergabung dengan Timnas U-23. Apalagi, dia sudah mendapat lampu hijau dari kedua orang tuanya untuk menentukan kewarganegaraannya.

“Saya senang bermain di Indonesia. Kalau terpilih menjadi pemain Timnas, saya siap melepas paspor Belanda saya,” kata Jordy kepada wartawan, dengan Bahasa Indonesia seadanya.

Soal kewajiban mengikuti pelatnas jangka panjang, Jordy menyatakan tak ada masalah. Menurut dia, klubnya, FC Oss, telah memahami keputusannya memperkuat Timnas U-23.

“Klub memang sangat kehilangan saya kalau pindah, tapi kalau saya ingin membela Timnas, mereka juga bisa mengerti, kok,” kata putra pasangan James de Kat dan Anna Budijatie itu.

Jordy menjelaskan, dia sebenarnya telah dipanggil untuk mengikuti seleksi Timnas pada awal Januari lalu. Namun, saat itu dia tak bisa memenuhinya karena terbentur jadwal sekolah. “Awalnya, saya dipanggil oleh Iman Arif untuk seleksi. Namun, karena masih ada jadwal sekolah yang padat, saya tidak bisa hadir saat itu,” katanya.

Jordy merupakan pemain Belanda keturunan Indonesia. Kedua orang tuanya berasal dari Semarang namun lalu menjadi warga negara Belanda. Saat ini Jordy masih memegang paspor Belanda. Pemain yang menempati posisi striker ini juga pernah tampil di laga amal yang digelar di Surabaya dan Malang beberapa waktu lalu. (kd)

====

Melihat kian banyak pemain naturalisasi lain yang mulai mengikuti perkembangan di Indonesia. Kian banyak lagi, nantinya hasil lebih baik. Seleksi demi seleksi bahkan seusai seleksi inipun akan mendapatkan lebih banyak pemain naturalisasi yang lebih berkualitas.

Advertisements
Posted in: sepakbola 2