Bagaimana Cara membuat Blog Pada blog Plasa

Posted on January 27, 2011

1


Jika anda ingin membuat blog pada web Plasa tetapi anda masih bingung untuk menggunakannya maka anda perlu melihat beberapa petunjuk yang bisa kami sampaikan, agar anda bisa dengan mudah menggunakannya.

Sebagai langkah yang pertama yaitu masuklah terlebih dahulu ke alamat http://www.blog.plasa.com

setelah keluar tampilan dari web plasa maka klik “daftar” yang ada disamping kanan atas. setelah itu akan keluar tampilan sebagai berikut:

setelah proses daftar berhasil, anda bisa login dengan masukkan username dan juga password seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Jika proses login berhasil maka anda akan masuk ke dalam halaman baru, dimana anda dapat memilih apa yg ingin anda lakukan. Disini terlebih dulu kami jelaskan bagaimana jika anda ingin membuat satu tulisan pada halaman blog anda. Yang bisa anda lakukan adalah dengan mengklik “Tulisan” yang ada di atas sebelah kiri seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Pada gambar diatas juga dijelaskan bahwa anda bisa memberikan judul postingan dan juga insert tulisan pada blog anda dengan letak seperti terlihat diatas. Setelah anda selesai menulis jangan lupa untuk klik tombol “SAVE” dan mempublishnya.

Selain tulisan kita juga bisa memasukan beberapa gambar yang bisa kita pakai untuk lebih menunjang isi dari blog kita agar lebih terlihat menarik dan juga lebih hidup.

Berikut cara yang bisa anda lakukan jika anda ingin memasukkan gambar pada postingan blog anda. Karena pada blog plasa ini tidak bisa mengupload gambar langsung dari kompie maka kita harus mengcopy URL atau Image Location dari gambar yang kita inginkan.

Pada gambar diatas terlihat bahwa sebelum kita masukkan gambar kita harus mengklik tombol Add image yang ada di deretan tombol Add media. Setelah itu akan keluar tampilan seperti gambar dibawah ini:

setelah kita lakukan step by step cara memasukkan image seperti diatas maka gambar akan tampil seperti yanga anda lihat pada blog ini.

Pertanyaannya, bagaimana jika gambar yang ingin anda masukkan tidak bisa dilihat URL atau image Locationnya??

Nahh, jika itu yang menjadi masalah kami telah menyediakan satu solusi untuk anda yang bisa memudahkan anda menemukan URL atau image locationnya.

Yang pertama kali harus anda lakukan adalah dengan menginstall Fire shoot pada mozila firefox, atau internet explorer anda. jika tidak ada search aja di google dengan mengetikkan “Fire shoot”. Setelah anda menginstall Fire shoot, anda bisa langsung menggunakannya dengan cara mengklik huruf ‘S’ pada bagian atas sebelah kanan pada mozilla firefox anda, atau dengan menekan Ctrl+Alt+Z maka gambar akan secara otomatis terpotret. Lalu setelah itu anda bisa mengedit dan memberikan keterangan pada gambar dengan menyisipkan text, ataupun shape.(contohnya bisa anda lihat pada gambar-gambar yang ada pada blog ini). Setelah anda berkreasi dengan gambar-gambar anda bisa langsung klik tombol upload dan setelah itu akan ada confirmasi yang meminta anda memasukkan alamat email anda (masukkan alamat email yg anda gunakan untuk membuat blog). Gambar telah diupload dan anda bisa mendapatkan URL atau Image Location dengan mengklik kanan pada gambar yang tadi anda buat dan pilih “copy image location”. dan isikan copyan URL tadi dengan cara yang sama pada Add image diatas.

Setelah kita membuat tulisan dan berhasil memasukkan gambar maka kita tinggal menghias tampilan pada blog sesuai dengan keinginan kita. Yang paling dasar adalah dengan merubah background blog sesuai dengan keinginan kita. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengklikmenu tampilan dan anda pilih background,

atau anda bisa merubah theme yang ada dengan mengklik “theme” dan anda bisa memilih theme seperti yang anda lihat pada halaman blog ini😉.

Ini hanya penjelasan mendasar untuk pembuatan blog, jika anda ingin lebih mempercantik tampilan blog anda bacalah artikel-artikel dalam blog ini.

Memasang Shoutbox pada blog Plasa

Shout merupakan salah satu asesoris yang paling umum ditampilkan di dalam blog. Digunakan sebagai media interaksi dengan pengunjung sehingga ada komunikasi timbal balik antara pemilik blog dengan pengunjung. Penyedia shoutbox gratis cukup banyak di internet, diantaranya: Oggix, Shutmix, Myshotbox.

Untuk menampilkan asesoris ini ikuti langkah-langkah berikut:

1. Pada browser ketik http://www.oggix.com

2. Klik Register (sebelah home bagian diatas) atau klik GET IT NOW, terlihat seperti gambar dibawah.

3. Selanjutnya isi formulir pendaftaran (identitas anda) meliputi:

* alamat email
* password
* nama lengkap
* nama website
* alamat website
* deskripsi website
* negara
* security code sesuai dengan gambar yg ditampilkan

4. Periksa apa data yg anda input sudah lengkap dan benar, lalu klik Register

5. Kalau pendaftaran sukses, maka akan ada pemberitahuan seperti “you have finish the registration process. Please login to manage your account.”

6. Login dengan username alamat email dan password yang anda masukkan saat mengisi formulir pendaftaran sebelumnya.

7. Setelah berhasil login, untuk memasang shoutbox keblog pilih menu “Install Shoutbox (sebelah kiri). Hingga muncul menu HTML Code, klik dan pilih settingan yang anda sukai (lihat pada gambar dibawah ini),untuk melanjutkan klik Next.

8. Langkah selanjutnya memilih konfigurasi, type, warna, template, anda bisa memilih settingan yang sesuai dengan selera dan background blog anda. Ikuti Step by Step mulai dari 1 s/d 5 dan setiap selesai melakukan setting klik “Choose This >>”.

Langkah-Langkah Membuat Shoutbox di blog plasa
1. Set shoutbox configuration
2. Choose shoutbox type
3. Choose shoutbox color <= you’re here
4. Choose shoutbox template
5. Copy and paste the HTML codes to your HTML page where you want to put the shoutbox

9. Setelah berhasil dari step 1 s/d 5, maka anda akan mendapatkan kode html/java script, kode ini akan kita gunakan untuk menampilkan shoutbox diblog. Copy code tersebut dengan cara blok semua kode, klik kanan pilih Copy.

10. Login ke plasa.com,

dan pilih “tampilan” pada halaman Dashboard. Klik “Widget” namun terlebih dahulu klik plugin yang terletak pada kanan atas,

set Widgetize Any HTML “Active”. selanjutnya, yaitu Klik Widgets -> nanti akan muncul jendela baru, lihat gambar dibawah.

Pilih mana yang akan ditambahkan kedalam blog.
Karena sekarang kita akan menambahkan elemen shoutbox maka klik menu Widgetize Any HTML1 untuk memasukan kode HTML yang akan kita copy dari web sumber.Jangan Lupa untuk klik tombol “Save”. Perhatikan gambar dibawah ini:

11. Setelah proses penyimpanan sukses, klik “View Blog” untuk melihat hasilnya.

Menambahkan Elemen Calender pada blog Plasa


Untuk memasang sebuah kalender kita bisa memanfatkan berbagai situs penyedia kalender gratisan. Situs seperti ini sangatlah banyak, tentunya mereka berlomba dengan menampilkan kalender-kalender yang menarik untuk dilihat. Agar tidak terlalu bingung mencarinya, saya berikan contoh atu saja yaitu http://www.free-blog-content.com. Silahkan coba kunjungi situs tersebut! kalender yang di sediakan sangat beragam. Silahkan klik kategori yang ada untuk memilih bentuk kalender yang Anda sukai, kemudian copy kode yang di berikan di bawah gambar kalender lalu paste pada notepad untuk nanti keperluan di simpan di blog.

Langkah-langkah untuk memasang kalender dalam blog plasa:

1. Sign in di blog plasa dengan id Anda

2. klik plugin

3. Klik menu tampilan

4. Klik widgets

5. nanti akan muncul jendela baru, lihat gambar dibawah.

Pilih mana yang akan ditambahkan kedalam blog.
Karena sekarang kita akan menambahkan elemen kalender maka klik menu Widgetize Any HTML1 untuk memasukan kode HTML yang akan kita copy dari web sumber
Lihat gambar dibawah ini

6. Copy kode yang tadi telah ada di notepad lalu paste pada kolom yang di sediakan
7. Pindahkan elemen yang baru di buat pada tempat seperti gambar dibawah ini, lalu klik tombol SIMPAN
8. Selesai.

Meringkas Kalimat Pada halaman blog Plasa

Ketika anda telah selesai membuat tulisan diblog anda, mungkin tulisan yang anda buat terlalu panjang sehingga saat anda melihat tampilan blog anda kurang menarik.Tapi jika anda hanya ingin menampilkan beberapa kalimat pertamanya saja, agar tidak terlihat penuh. Anda bisa mengikuti langkah-langkah seperti berikut.
1. Anda Edit tulisan yang telah anda buat.
2. Lalu Pada Toolbar Post anda dapat menggunakan Insert More tag(Alt+Shift+T) pada akhir kalimat yang akan ditampilkan di awal.

3. Kemudian anda Save.

Maka tampilan blog anda akan berubah, hanya beberapa kalimat pertama yang ditampilkan seperti keinginan anda.. Seperti pada blog ini.
Memperindah Blog dengan HTML
Jika ingin memperindah blog kalian dengan tampilan yang lebih bagus dengan menambahkan htmlnya. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah :
1. CLik Plugins yang berada disebelah kanan atas.

2. Cari Widgetize Any HTML yang berada di Inactive Plugins.

3. Lalu Clik Activate di Actionnya.
Tunggu sebentar.
4. setelah itu Widgetize Any HTML akan pindah ke Currently Active Plugins.

Kemudian,,
6. Clik tampilan. Pilih Widgets.

7. Di Available Widgets, clik add pada Widgetize Any HTML1.
8. Lalu Clik edit pada Widgetize Any HTML1, masukan source code html kedalamnya.

Silahkan mencoba….