Keluarga kerajaan Qatar inginkan membeli MU (Manchester United) setelah Qatar jadi tuan rumah Piala Dunia 2022

Posted on January 27, 2011

0


Piala Dunia 2022 memang masih sangat lama. Namun membangun suatu klub sepakbola yang tangguh dan kuat butuh waktu yang sangat lama. Bahkan Indonesia sendiri sampai sekarang masih sulit untuk mewakili Asia. Itu juga udah setengah abad. Bayangkan. Jadi wajar jika kemudian Qatar ingin membeli MU untuk menghasilkan pemain-pemain lokalnya agar terasah atau dilatih di klub raksaaa Inggris itu.

Qatar Tawar MU Rp 21,7 Triliun

MINGGU, 23 JANUARI 2011 | 22:59 WIB

Joel Glazer (kiri), Avram Glazer dan Bryan Glazer di Old Trafford Stadium, Manchester, Inggris pada November 2006. AP/Jon Super

TEMPO Interaktif, Manchester – Manchester United dikabarkan telah menggelar pertemuan rahasia dengan Qatar Holding tentang kemungkinan pengambilalihan klub itu dari keluarga Glazer dengan harga 1,5 miliar poundsterling atau Rp 21,7 triliun.

Menurut kabar yang beredar di sejumlah media Inggris, grup investasi Timur Tengah yang dikendalikan keluarga kerajaan Qatar itu telah mengajukan penawaran terhadap MU tak lam setelah Qatar memenangi hak sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022.

Baru-baru ini grup Qatar tersebut telah mengikat kontrak sebagai sponsor Barcelona dengan nilai 125 juta poundsterling untuk meningkatkan pamor dan kredibilitas mereka jelang Piala Dunia. Kesepakatan terbilang mengejutkan mengingat selama ini Barca tak pernah memampang sponsor di bagian dada kostum mereka.

Kini, grup tersebut berniat membeli MU dari keluarga Glazers. Tapi, pemilik klub yang berasal dari Amerika Serikat itu dikabarkan meminta harga sekitar 2 juta miliar poundsterling. Nilai itu jauh di atas uang yang mereka keluarkan saat mengambil alih MU 2005 yang hanya 800 juta poundsterling atau Rp 11,6 triliun.

Tuntutan itu tak akan membuat Qatar Holding mengurungkan keinginan mereka, tapi saat ini mereka masih menolak mengeluarkan uang sebesar itu sehingga proses negosiasi sementara terhenti.

Selama ini keluarga Glazers sering dihujani kecaman lantaran menggunakan penghasilan klub untuk melunasi utang berbunga tinggi yang mereka pakai untuk membeli klub itu. Bahkan dengan menjual kembali MU seharga 1,5 miliar poundsterling pun keluarga Glazers menangguk keuntungan berlipat.

Para fans MU mungkin tak akan suka melihat keluarga Glazers meraup keuntungan besar dari kesayangan mereka, tapi kemarahan mereka bisa diredam dengan kemungkinan suntikan dana besar buat klub itu jika jadi dijual ke grup Qatar.

Apalagi, jika merujuk pada kemajuan klub tetangga, Manchester City, sejak diambil alih oleh konglomerat Abu Dhabi.

SOCCERNET | A. RIJAL

Mungkin berkaca dari klub sekotanya, MU perlu pula mendapat suntikan dana dari Qatar Holding agar bisa membeli pemain yang lebih solid dibandingkan dengan sebelumnya. Bagi penggemar MU, mungkin tidak salah jika MU dibeli mengingat akan kemajuan pesat klub sekotanya yang lain, Manchester City. yang dalam waktu singkat, sudah bisa mencapai lima besar dan bahkan bersaing dengan MU.

 

 

Advertisements
Posted in: sepakbola 3